Rabu 07 April 2021, 15:37 WIB

Angin Puting Beliung Porak Porandakan Tempat Wisata di Purbalingga

Lilik Darmawan | Nusantara
Angin Puting Beliung Porak Porandakan Tempat Wisata di Purbalingga

MI/Lilik Darmawan
Petugas melakukan evakuasi ular sanca dari Sanggaluri Park ke tempat yang lebih aman.

 

ANGIN puting beliung memporakporandakan kawasan wisata Sanggaluri Park atau Taman Reptil di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (6/4). Pada Rabu (7/4), para petugas melakukan evakuasi reptil yang ada di Taman Reptil, karena bangunannya mengalami kerusakan.

Berdasarkan pemantauan Media Indonesia, sejumlah pohon di lokasi wisata Sanggaluri Park tumbang. Selain pohon tumbang, atap bangunan Taman Reptil juga terbawa angin. Sehingga para pekerja menyingkirkan seng yang terbawa angin. Selain itu, pawang ular juga mengevakuasi ular-ular yang ada di Taman Reptil untuk dibawa ke tempat yang lebih aman.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Perumda Owabong Eko Susilo mengatakan kerugian akibat bencana masih dihitung, kemungkinan sampai ratusan juta.

"Sanggaluri Park ini di bawah manajemen Owabong. Sampai sekarang kami masih menghitung kerugian akibat bencana angin puting beliung tersebut. Tetapi taksirannya bisa sampai ratusan juta. Hari ini, para pekerja menyingkirkan seng yang terbawa angin maupun pohon yang tumbang," kata Eko.

Baca juga: Sejumlah Rumah di Padang Rusak Dihantam Puting Beliung

Sementara Camat Kutasari Endi Astono mengatakan selain Desa Kutasari, angin puting beliung juga merusak sejumlah rumah di Desa Munjul.

"Rumah yang rusak umumnya bagian atap yang terbawa angin. Kami meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya angin puting beliung susulan," ujar dia.

Angin puting beliung juga terjadi di Desa Tetal dan Tegalpingen, Kecamatan Pengadegan. Dalam peristiwa tersebut, ada puluhan pohon yang tumbang. Selain itu, ada ada puluhan rumah rusak.

"Dua desa tersebut diterjang angin puting beliung pada sore hari bersamaan dengan datangnya hujan deras. Hari ini, warga kerja bakti menyingkirkan dan memperbaiki atap yang rusak," kata Kapolsek Pengadegan Ajun Komisaris Susilo.(OL-5)

Baca Juga

Dok.MI

14 Mantan Anggota DPRD Sumut Divonis Berbeda

👤Antara 🕔Selasa 13 April 2021, 03:45 WIB
Hakim menyatakan hal-hal yang memberatkan para terdakwa menyalahgunakan kewenangan sebagai anggota DPRD Sumut, tidak mendukung program...
ANTARA/HO-BMKG

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Wilayah Indonesia Timur

👤Antara 🕔Selasa 13 April 2021, 02:55 WIB
Wilayah dengan level waspada untuk potensi banjir/bandang dua hari ke depan berdasarkan prakiraan berbasis dampak adalah Sulawesi Utara dan...
MI/BAGUS SURYO

Beras Terakhir Siti Sambut Ramadan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 12 April 2021, 23:05 WIB
Korban gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, masih banyak yang belum menerima bantuan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya