Selasa 30 Maret 2021, 22:15 WIB

Pemkot Malang Libatkan RT/RW Larang Mudik Lebaran 2021

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Malang Libatkan RT/RW Larang Mudik Lebaran 2021

dok.mi
Penyekatan pemudik pada Lebaran 2020 lalu di lintas pantai utara (pantura), Jawa Tengah.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, melarang mudik Lebaran 2021 sesuai instruksi pemerintah pusat. Penerapan larangan mudik nantinya melibatkan RT dan RW. Untuk itu Pemkot Malang segera membuat surat edaran terkait hal itu.

"Larangan mudik mengikuti instruksi pusat, kalau dilarang kita lakukan bersama-sama," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Selasa (30/3).

Ia menjelaskan semula mudik lebaran dibolehkan kendati masa pandemi. Karena itu Pemkot Malang melakukan penguatan pada PPKM skala mikro dengan mengontrol mobilitas warga di tingkat RT/RW.

Pengawasan ketat melalui pengecekan setiap orang yang datang ke lingkungan rukun tetangga. Namun, setelah adanya larangan mudik, nantinya mobilitas orang akan diperketat.

"Tidak harus penyekatan. Kalau disekat saja kan kadang-kadang petugasnya juga masih kecolongan. Jadi kita intensifkan dari RT dan RW," katanya.

Dengan cara itu mobilitas orang akan terawasi, termasuk siapa saja yang keluar masuk akan ketahuan. Bahkan, tamu yang menginap di rumah warga akan terdeteksi. Pemkot memperketat mobilitas warga guna mencegah arus mudik guna membendung penularan dan kasus baru covid-19.

Sebab saat ini kasus baru covid-19 sudah menurun, semula dua digit menjadi satu digit, lalu hanya 3-7 kasus baru per hari. Dalam beberapa hari ini bahkan pernah tidak ada kasus baru."Tapi kita tidak boleh lengah, harus tetap waspada terhadap covid-19," tuturnya.(OL-13)

Baca Juga: Khofifah Minta Warga Jatim Patuhi Larangan Mudik 2021

Baca Juga

Antara

Kasus Positif Covid-19 di Kudus Mulai Mereda

👤Akhmad Safuan 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:00 WIB
BADAI covid-19 Kabupaten Kudus mulai mereda, meskipun masih ada pasien baru terkonfirmasi korona dan warga terpapar varian Delta India...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kalteng Hentikan Covid-19 Lewat Vaksinasi Menyeluruh

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 10:56 WIB
Percepat vaksinasi Covid-19 untuk mencapai target herd imunnity masyarakat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus...
MI/Reza Sunarya

Tekan Penyebaran Covid, Kota Denpasar Adakan Tes Antigen di Area Publik

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 08:35 WIB
PEMKOT Denpasar menyiapkan antisipasi untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan melakukan swab antigen di tempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya