Jumat 26 Maret 2021, 19:06 WIB

Polda Kalteng Ungkap Pembalakan Liar di Kabupaten Katingan

Surya Sriyanti | Nusantara
Polda Kalteng Ungkap Pembalakan Liar di Kabupaten Katingan

ANTARA/Rahmad
Ilustrasi

 

KEPOLISIAN Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengungkap pembalakan liar (illegal logging) di Kabupaten Katingan yang merugikan negara hingga miliaran rupiah. AK, 54, direktur utama perusahaan PT KAB telah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

"Pengungkapan kasus yang dilakukan Ditreskrimsus ini berawal adanya  laporan dari Mabes Polri terkait tindak pidana ilegal logging di lokasi PT KAB," kata Wakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Poernamasasi, Jumat (26/3).

Selain telah menangkap AK, polisi juga telah menyita dua unit alat berat jenis eskavator dan bulldozer. "Selain itu juga disita tiga unit dump truk berikut kayu olahan jenis campuran dengan jumlah 23 meter kubik dan kayu log sebanyak 3,16 meter kubik," ujar Wakapolda.

Sedangkan Direktur Reskrimsus Polda Kalteng Kombes Bonny Djianto  mengatakan dari hasil penyidikan yang dilakukan diperoleh informasi  bahwa kegiatan ilegal logging tersebut dikuasai Kelompok Tani Nuah Batu
Nyapau.

"Aktivitas yang dilakukan AK yang merupakan Dirut PT. KAB berlangsung dikawasan hutan produksi dan hutan produksi konversi yang ada di Desa Tumbang Pangka Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan. Jika dikalkulasikan kegiatan yang dilakukan pelaku telah menghasilkan uang senilai Rp. 20 Miliar lebih," jelasnya.

Atas terungkapnya kasus ini, lanjut Bonny, pelaku AK akan dijerat dengan pasal 82 ayat (3) huruf B jo pasal 12 huruf B Undang - Undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan.

"Pelaku diacnam pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp5 miliar dan paling banyak Rp15 miliar," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Relawan Ganjar dari NTT Gemakan Ganjar Jadi Capres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 18:45 WIB
Deklarasi dukungan terhadap gubernur nyentrik berambut putih itu datang dari Sekretariat Center Relawan Ganjar di Kelurahan Danga,...
Antara

Abaikan Prokes, Fan Euro 2020 Gelar Konvoi di Jalanan Sorong

👤Ant 🕔Minggu 20 Juni 2021, 18:13 WIB
Negara Eropa nan jauh di sana yang bertanding, kita yang sibuk...
Dok.SG

Relawan Ganjar Mengklaim Didukung para Milenial

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 14:50 WIB
Hasil survei yang dilakukan oleh Sahabat Ganjar dilakukan dalam rentang waktu selama dua minggu di akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya