Senin 08 Maret 2021, 19:58 WIB

Peringatan HUT Kabupaten Jayapura Tandai dengan Peresmian SBY

mediaindonesia.com | Nusantara
Peringatan HUT Kabupaten Jayapura Tandai dengan Peresmian SBY

Ist
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan meresmikan Stadion Barnabas Youwe untuk menandai puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Kabupaten Jaya yang ke-52 pada Rabu (10/3/2021).

"Ya, nanti kita merayakan HUT ibukota Sentani yang pindah dari APO (Kota Jayapura) sini pindah ke Kota Sentani yang merupakan ibukota Kabupaten Jayapura. Kita sekaligus juga meresmikan Stadion Barnabas Youwe yang sudah direhabilitasi dan perbaiki," kata Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan di Jayapura, Papua, Minggu (7/3/2021).

Stadion Barnabas Youwe yang lazim disebut SBY telah direnovasi selama setahun terakhir ini dengan memperbaiki tribun dan lampu penerangan dalam stadion tersebut.

"Pada 10 Maret mendatang merupakan hari ulang tahun Pak Karafir, nanti kita undang akan hadir di situ dan sekaligus merayakan secara bersama-sama," katanya.

Pada Rabu yang bertepatan dengan tanggal 10 Maret adalah HUT Kabupaten Jayapura itu merupakan perjuangan hasil perjuangan Ir. Yan Pieter Karafir, M.Sc, yang saat itu menjabat Bupati Jayapura periode 1991-1996 dan 1996-2001.

"Dia (Pak Karafir) bilang, kalau tanggal 10 Maret itu dia bersedia datang dan bertepatan dengan HUT Kabupaten Jayapura.Saya bilang ke dia, 'Ya sudah bapak, kita rayakan saja di sana'. Kalau kita tidak ketemu beliau, pasti kita tidak tahu soal hari jadi Kabupaten Jayapura," ucap Mathius.

Mathius menjelaskan bahwa dirinya telah melakukan pertemuuan dengan Ir. Yan Pieter Karafir, M.Sc baru-baru ini.

"Kami juga telah melakukan rehabilitasi GOR (Gedung Olahraga) Toware. Pencanaan itu sudah dilakukan oleh seniro-senior kita. Kami rencana memberi nama GOR Toware dengan nama GOR Habel Melkias Suwae atau HMS. Karena dia lah yang punya karya, kita hanya meneruskan dan menyelesaikan yang belum dia selesaikan," paparnya.

Bupati Jayapura dua periode ini kembali mengatakan setelah menggelar perayaan HUT ke-52 Kabupaten Jayapura, akan digelar acara 'MeNoken' pada 11-18 Maret 2021.

"Pada acara 'Menoken'. Nanti saya telah memiliki rundown-nya, jadi yang terlibat dalama kegiatan tersebut di antaranya Charles Toto,  Alex Waisimon,Monim Cs yang memiliki Sekolah Adat, Hanni Felle pemiilk Rumah Baca dan Marsel Suebu," ujarnya.

"Jadi ada sejumlah orang yang kreatif, orang-orang hebat yang ikut terlibat. Jadi itu ada satu grup yang difasilitasi oleh satu lembaga dari Bogor yakni, Samdana Institut. Mereka buat acara itu dengan nama Menoken. Jadi Noken ini punya nilai-nilai yang luar biasa, filosofi dari Noken itulah yang mau dikembangkan oleh lembaga atau kelompok ini," tukasnya. RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Pedagang Takjil di Beru Diserbu Pembeli

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 18 April 2021, 09:44 WIB
Selain umat muslim yang akan berbuka puasa, warga nonmuslim juga ikut menyerbut dagangan yang berupa es buah, es cendol, gorengan, aneka...
MI/Agus Utantoro

10 Perupa Ikuti Memotret Yogyakarta Kini

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 18 April 2021, 08:29 WIB
Para perupa menunjukkan keahlian mereka dalam melukis dengan mempraktikkan gaya dan karakter masing-masing dalam menangkap secara cepat...
dok.Hipmi Banten

Ini Gagasan Rifky Hermiansyah Majukan BPD HIPMI Banten

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 18 April 2021, 08:00 WIB
Rifky Hermiansyah menjadi orang pertama mengambil Formulir Calon Ketua Umum BPD HIPMI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya