Jumat 05 Maret 2021, 06:27 WIB

Kolaborasi Kunci Sukses Pemulihan Bencana di NTB

Yusuf Riaman | Nusantara
Kolaborasi Kunci Sukses Pemulihan Bencana di NTB

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Progres rehabilitasi dan rekonstruksi untuk pembangunan rumah bantuan pemerintah kategori rusak berat akibat gempa di wilayah Lombok Utara

 

DANREM 162/Wira Bakti (WB) Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani berbagi pengalaman tentang penanganan bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya pemulihan bencana harus dilakukan bersama-sama, kolaborasi antarlembaga.
     
"Pemulihan kondisi pasca bencana tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua Instansi saja, tetapi seluruh stakeholders dari pemerintah dibantu LSM, dan relawan harus bersinergi bukan saja rekontruksi dan rehabilitasi  tetapi juga membantu masyarakat yang terdampak bencana melalui trauma healing," kata Rizal pada rakornas Penanggulangan Bencana (PB) yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Kamis (4/3).

Kegiatan yang digelar secara tatap muka, dan daring tersebut para peserta dari kementerian/lembaga, semua Kepala Daerah, BPBD seluruh Indonesia, akademisi, komunitas, dunia usaha, dan relawan se-tanah air. Rakor dua tersebut sebelumnya dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Rabu, secara langsung di komplek istana Kepresidenan.
    
Rakornas PB hari kedua mengangkat tema Knowledge Sharing "Bencana Geologi, Gempa Bumi, Tsunami, Erupsi Gunungapi.  Ahmad Rizal Ramdhani, pada kesempatan tersebut memaparkan pengalaman penanganan bencana gempa di Lombok dapat dijadikan barometer keberhasilan Pemeritah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan seluruh instansi pemerintah, LSM dan relawan serta komunitas organisasi masyarakat dalam mengatasi dan memulihkan kondisi pascabencana.

Didampingi Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB Zainal Abidin, Danrem menjelaskan, penanggulangan pascabencana di NTB, TNI membentuk satuan tugas dengan melibatkan satuan Zeni TNI untuk evakuasi maupun rekonstruksi dalam tiga gelombang Satgas. 
    
Danrem mengatakan, TNI dalam  penanganan bencana alam di NTB selain menyelamatkan korban gempa, juga telah membangun sebanyak 226.303 unit Rumah Tahan Gempa (RTG) diperuntukan sebagai tempat tinggal masyarakat terdampak gempa, dan membantu pemulihan perekonomian masyarakat. 

baca juga: Jokowi Tinjau Progres Rehabilitasi Gempa Lombok
     
Hadir secara langsung memberi arahan dan paparan masing-masing Menteri Koordinator Bidang Kemaritimian dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Kepala Badan Geologi ESDM, Eko Budi Lelono, Kepala BPPT Hammam Riza, perwakilan Kementerian PUPR serta lembaga terkait. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Tenaga Kerja Harus Mendapat Perlindungan Jaminan Sosial

👤Apul Iskandar 🕔Selasa 13 April 2021, 08:53 WIB
Tenaga kerja di Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara harus mendapat jaminan perlindungan sosial...
MI/SUPARDJI RASBAN

Di Tengah Pandemi, Usaha SPBU Dinilai Masih Menguntungkan

👤Supardji Rasban 🕔Selasa 13 April 2021, 08:32 WIB
Di Kabupaten Brebes, masih banyak tempat yang masih memerlukan SPBU karena wilayahnya yang luas yakni nomor dua di Jawa Tengah, setelah...
MI/Heri Susetyo

Ribuan KTP Pelanggar Prokes Menumpuk di Kejari Sidoarjo

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 13 April 2021, 07:57 WIB
Sebanyak 4.900 KTP warga yang terjaring razia protokol kesehatan (prokes) menumpuk di kantor Kejaksaan Negeri Sidoarjo karena tidak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya