Rabu 03 Maret 2021, 20:09 WIB

Hiu Paus Tutul Terdampar di Tasikmalaya

Adi Kristiadi | Nusantara
Hiu Paus Tutul Terdampar di Tasikmalaya

MI/Adi Kristiadi
Hiu paus tutul (Rhincodon typus) terdampar di Laut Pantai Batununggul, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (3/3)

 

SEEKOR hiu paus tutul (Rhincodon typus) terdampar di Laut Pantai Batununggul, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (3/3) sekitar pukul 12.00 WIB. Sayang, hiu paus tutul yang memiliki panjang sekitar 6 meter dan berat 4 ton dalam kondisi sudah mati.

Kasatpolair Cipatujah Polres Tasikmalaya IPTU Sujarmanto mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga yang menemukan hiu paus tutul (Rhincodon typus) terdampar di pesisir pantai Cimanuk, Kecamatan Cikalong. Namun, sudah mati dan dalam kondisi utuh. Rencananya akan dikuburkan di dekat pantai mengingat berat dan besarnya ikan tersebut.

Sementara Kepala Desa Cimanuk, Anhar mengatakan, hiu paus tutul yang terdampar tersebut kondisinya masih hidup. Berbagai upaya sudah dilakukan nelayan dan warga untuk mengevakuasi ke laut lepas. Namun, hiu tersebut kembali terdampar hingga akhirnya menemui ajal.

"Bangkai hiu paus tutulnya masih berada di pantai Batununggul. Kami masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menguburkannya. Alat berat berupa beko untuk penggalian sedang disiapkan," katanya. (OL-13)

Baca Juga: LIPI: Satwa Laut Terdampar, Tanda Masalah Serius di Perairan

Baca Juga: Hiu Paus Tutul Terdampar di Sungai Wanggu

Baca Juga

ANTARA/Luqman Hakim

Polda DIY Menangkap Dua Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 15:07 WIB
Petugas kepolisian melakukan penyamaran dengan berpura-pura menjadi pembeli. Saat melakukan transaksi, petugas langsung menangkap JR...
MI/Heri Susetyo

Pandemi Covid Nilai Ekspor Ikan dan Produk Ikan Jawa Timur Naik

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 14 April 2021, 14:47 WIB
Di masa pandemi covid-19, ekspor ikan dan produk perikanan melalui BKIPM Surabaya 1, Jawa Timr justru mengalami peningkatan. Baik dari sisi...
MI/Koresponden

Ganjar: Dolanan Tradisional Bantu Siswa Cegah Radikalisme

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 11:51 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai permainan atau dolanan tradisional bisa membantu siswa sekolah tak berpaham...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya