Sabtu 06 Februari 2021, 09:51 WIB

15 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Banyuwangi

Atalya Puspa | Nusantara
15 Rumah Rusak Akibat Puting Beliung di Banyuwangi

ANTARA/Budi Candra Setya
Warga membenahi atap rumah yang rusak akibat angin puting beliung di Sarimulyo, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur.

 

ANGIN puting beliung yang terjadi, Jumat (5/2), mengakibatkan sejumlah rumah warga Banyuwangi rusak. Sebanyak 15 rumah yang berada di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, rusak sedang.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengungkapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi melaporkan 12 unit rumah lainnya rusak ringan.

Di samping kerusakan rumah warga, peristiwa itu mengakibatkan kerusakan ringan 1 unit musola dan 1 unit bangunan sekolah. Instalasi listrik di lokasi desa terdampak mati.

Baca juga: Bahaya Longsor Mengintai Hindari Jalur Batu-Jombang

"BPBD setempat mencatat 1 warga luka ringan dan 27 keluarga terdampak," kata Raditya dalam keterangan resmi, Sabtu (6/2).

Adapun, peristiwa angin puting beliung dipicu hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Kejadian berlangsung pada Jumat (5/2) pukul 16.00 waktu setempat atau WIB.

Merespons kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Banyuwangi melakukan penilaian dampak di lokasi dibantu perangkat desa. Penanganan darurat juga berlangsung untuk penanganan pohon tumbang.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, wilayah Cluring masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada hari ini, Sabtu (6/2).

"Menyikapi kondisi tersebut, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/HO

Tanggani Inflasi, Pemkab Mubar Bakal Gelar Pasar Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:55 WIB
PEMKAB Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan dalam penanganan inflasi daerah di awal 2023. Salah satunya ialah...
dok.mi

Mantan Anggota DPRD Manggarai Timur Diduga Cabuli Balita

👤Yohanes Manasye 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:25 WIB
ANAK di bawah usia 5 tahun (Balita) di Kabupaten Manggarai Timur, NTT mengadu kepada orang tuanya telah mengalami pencabulan. Terduga...
MI/Tosiani-HO

Ganjar Ajak Kades Gaspol Atasi Stunting, Gandeng Swasta dan Perguruan Tinggi

👤Tosiani 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:05 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh kepala desa di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo tancap gas atau gaspol...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya