Jumat 29 Januari 2021, 21:00 WIB

Kalimantan Selatan Raih Penghargaan dari Lapan

Denny Susanto | Nusantara
Kalimantan Selatan Raih Penghargaan dari Lapan

DOK/HUMAS PEMPROV KALSEL
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor didampingi Penjabat Sekda Roy Rizali Anwar saat memberikan pengarahan upaya peningkatan kinerja SKPD.

 

AWAL 2021, sejumlah penghargaan diterima Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Yang terbaru, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) meraih penghargaan Tri Indriya Mandrawa dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Sebelumnya Pemprov Kalsel juga meraih penghargaan Bhumandala Award dari pemerintah pusat. Penghargaan diserahkan saat Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh 2021 yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (29/1).

Acara itu dihadiri Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Profesor Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro sebagai pembicara kunci. Selain itu ada perwakilan para pemangku kepentingan dari kementerian/lembaga, TNI, POLRI, dan pemerintah provinsi/kabupaten/kota serta perguruan tinggi.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Lapan Prof Thomas Jamaluddin kepada Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira. Bappeda terpilih sebagai pengguna informasi penginderaan jauh terbaik ketiga pada kategori pemerintah provinsi.

Dalam acara ini, Lapan  juga menyerahkan Data Mozaik Citra Satelit Landsat 8 Tahun 2019-2020, Citra Satelit Spot 6 dan 7 Tahun 2019-2020, dan Citra Satelit Pleiades Tahun 2020 kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalimantan Selatan. Tema diusung pada kegiatan tersebut adalah  “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Satelit Penginderaan Jauh untuk Perencanaan Kota, Pemantauan Hutan dan Kebencanaan”.

Nurul Fajar Desira mengungkapkan penghargaan Tri Indriya Mandrawa diberikan, karena Bappeda Kalsel dinilai aktif berkolaborasi dengan Lapan dalam penyediaan, pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh. Kegiatan itu dilaksanakan untuk menganalisa berbagai permasalahan dan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam perencanaan berbasis kewilayahan di Kalsel.

“Khususnya terkait permasalahan kerawanan bencana seperti banjir dan kebakaran hutan dan lahan, serta permasalahan tata ruang dan tutupan lahan,” ujar Fajar, Jumat (29/1).

Bappeda Kalsel juga telah menerima data penginderaan jauh dalam rangka mengidentifikasi genangan banjir yang terjadi pada 2020 maupun yang baru terjadi pada awal 2021. “Pada 2021 akan diprioritaskan akuisisi Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST) untuk penanganan wilayah terdampak parah akibat banjir,” kata Fajar.

Selain itu Bappeda juga telah mengintegrasikan Geoportal dengan pangkalan data Lapan, sehingga data hasil penginderaan jauh dapat dilihat langsung melalui Web GIS Geoportal Kalimantan Selatan.

Atas penghargaan itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor mengungkapkan rasa syukurnya. "Ini prestasi nasional yang diberikan sejumlah lembaga dan kementerian. Apa yang diraih pemerintah provinsi merupakan cerminan dari kinerja SKPD."

Ia menambahkan faktor lain yang berandil dari sebuah prestasi adalah harmonisasi antara pemangku kepentingan yang terjalin selama ini.

Kendati demikian, lanjutnya, prestasi yang telah diraih bukan sesuatu akhir dari sebuah karya untuk rakyat. "Paling penting adalah bagaimana prestasi tersebut mampu memberikan manfaat yang maksimal untuk rakyat," tandasnya. (N-2)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Pemkot Medan Ingatkan Warga tak Beli Minyak Goreng Lebih dari 2 Liter

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:19 WIB
Pembelian dalam skala besar atau melebihi kebutuhan akan mengakibatkan stok cepat habis dan memicu kelangkaan barang di...
dok.pribadi

Sengketa dengan Bupati Kobar, Advokat Diminta Keterangan Itjen Kementerian ATR/BPN

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:26 WIB
SENGKETA lahan antara Bupati Kobar, Kalteng dengan Nurhidayah dengan ahli waris almarhum mantan ASN Distanak Palangkaraya, Brata Ruswanda...
Medcom.id.

Mantan Guru Honorer yang Bakar SMPN 1 Cikelet Dibebaskan

👤Kristiadi 🕔Jumat 28 Januari 2022, 20:32 WIB
Berkaitan dengan pemenuhan honor guru itu, pihaknya mengembalikan ke Dinas Pendidikan dan sekolah tempat bersangkutan pernah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya