Senin 18 Januari 2021, 10:55 WIB

Puluhan Penyintas Covid-19 di Semarang Kembali Terinfeksi Korona

Akhmad Safuan | Nusantara
Puluhan Penyintas Covid-19 di Semarang Kembali Terinfeksi Korona

MI/Haryanto
Para penyintas covid-19 mendonorkan plasma darah untuk pasien covid-19 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (16/1/2021).

 

ANGKA pasien positif korona di Kota Semarang kembali menurun. Namun puluhan penyintas covid-19 yang pernah dirawat di rumah dinas Wali Kota Semarang kembali tertular (reinfeksi). Mereka kembli dirawat. 

"Iya betul ada 50 orang penyintas covud-19 kembali tertular. Mereka sebelumnya dirawat di rumah isolasi runah dinas Wali Kota Semarang yang kini menjadi rumah sakit darurat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, Senin (18/1).

Abdul Hakam menambahkan kasus reinfeksi covid-19 di Kota Semarang membuktikan bahwa tidak berarti warga yang sudah pernah terkrna korona aman. Kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) harus tetap berjalan.

"Puluhan penyintas yang kembali tertular adalah sebagian dari 6.000 pasien covid-19 yang pernah dirawat di rumah dinas Wali Kota Semarang. Kemungkinan ada penyintas yang pernah dirawat di rumah sakit mengalami reinfeksi. Namun datanya belum tahu karena tidak ada laporan," lanjut Hakam.

baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Klaten Melonjak Drastis

Reinfeksi sangat mungkin karena dokter belum tahu virus korona jenis apa yang masuk ke tubuh seseorang. Di samping itu para penyintas ini menunjukkan gejala seperti covid-19. Hakam memberikan gambaran bahwa ada pasien yang sudah tiga bulan melakukan swab hasilnya tetap positif meski kondisi tubuh sudah menunjukkan sehat. (OL-3)


 

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Kalsel Prioritaskan Penanganan Stunting

👤Denny Susanto 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:09 WIB
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjadikan penanganan stunting dan gizi buruk sebagai salah satu prioritas pembangunan bidang...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Jateng Harus Perbaiki Infrastruktur Pengendali Banjir

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 26 Februari 2021, 09:47 WIB
Berdasarkan analisis data yang dilakukan BMKG, menunjukkan bahwa tren peningkatan Gas Rumah Kaca (GRK) yang mengakibatkan perubahan iklim...
Istimewa

Jelang Ramadan Perbaikan Infrastruktur Jalan Pasca Banjir Mendesak

👤Denny Susanto 🕔Jumat 26 Februari 2021, 09:03 WIB
Hiswanamigas mendesak Pemprov Kalsel segera mencari solusi perbaikan kerusakan jalan guna mengatasi kendala distribusi BBM dan gas serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya