Selasa 12 Januari 2021, 13:59 WIB

Jalan Provinsi Tertutup Longsor, Tasikmalaya Menuju Garut Macet

Kristiadi | Nusantara
Jalan Provinsi Tertutup Longsor, Tasikmalaya Menuju Garut Macet

MI/Kristiadi
Material longsor menutup ruas badan jalan di Kampung Citengek, DesaKutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

 

HUJAN deras yang membawa material longsor menutup ruas badan jalan Provinsi Jawa Barat tepatnya berada di Kampung Citengek, Desa Kutawaringin, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (11/1) malam pukul 20.00 WIB.

Kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi petugas terpaksa melakukan buka tutup di jalur tersebut.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Irwan mengatakan hujan deras yang terjadi sejak malam hingga pagi membawa material longsor lalu menimbun jalan Provinsi Jabar. Pembersihan baru dilakukan pagi hari karena belajar dari kejadian Sumedang.

"Tim gabungan baru melakukan pembersihan material longsor karena tidak mau melakukan pada malam hari. Karena, longsoran berada di tebing setinggi 8 meter masih terjadi hingga petugas berupaya melakukan langkah buka tutup meski kondisinya mengalami kepadatan arus," kata Irwan, Selasa (12/1).

Baca juga:  Longsor Timpa Masjid SMK Perjuangan di Tasikmalaya

Ia mengatakan material longsor yang telah membawa rumpuh bambu menghalangi badan jalan hingga kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Garut terpaksa memutar arah. Sedangkan, sekarang ini petugas gabungan berupaya memotong pohon yang menghalangi jalan termasuk menyiapkan peralatan lain guna bisa dilalui secara normal.

"Kami tidak mau mengambil risiko terutama para petugas melakukan proses pembersihan material longsor yang telah menutup badan jalan. Berkaca kepada kejadian di Sumedang yang menimbulkan banyak korban, terutama longsor susulan dan sekarang ini proses pembersihan material di lokasi baru dilakukan setelah longsor terjadi," ujarnya.

Menurutnya, cuaca ekstrem yang terus terjadi harus diwaspadai bersama karena bencana itu dampaknya bisa menyebabkan longsor, banjir, pergerakan tanah dan angin kencang. Namun, untuk ruas jalan provinsi yang tertimbun tanah longsor sejak malam sudah mulai dibersihkan petugas tetapi para pengendara yang melalui jalur tersebut diharapkan berhati-hati.

"Kami meminta agar pengendara yang melalui jalan Tasikmalaya menuju arah Garut melalui Salawu harap waspada. Karena, di sepanjang jalan tersebut terdapat tebing dan jurang, jika terjadi hujan deras jangan sampai berteduh di bawah pohon karena berbahaya apalagi tanah longsor yang menutup badan jalan pun sangat licin jika dilalui kendaraan," paparnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Riau Telah Terima 67.480 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:25 WIB
Sebagian vaksin itu juga sudah didistribusikan lagi ke sejumlah kabupaten dan kota di...
MI/Benny Bastiandy

Banjir Kalsel Sebabkan Pasokan Kedelai ke Palangka Raya Minim

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:21 WIB
. Samuji mengaku sudah beberapa hari tidak bisa produksi lantaran bahan baku yang diperlukan tidak bisa dikirim dari...
MI/Djoko Sardjono

Pascavaksinasi, Pejabat di Banyumas Pastikan tak Ada Efek Negatif

👤Lilik Darmawan 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:18 WIB
Sejumlah pejabat di Banyumas, Jawa Tengah memberikan testimoni bahwa vaksinasi yang dilangsungkan pada Senin (25/1) lalu, tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya