Selasa 12 Januari 2021, 12:04 WIB

20 Ribu Dosis Vaksin Mulai Didistribusikan ke Kabupaten/Kota

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
20 Ribu Dosis Vaksin Mulai Didistribusikan ke Kabupaten/Kota

Antara
Petugas PT Biofarma menurunkan kotak berisi vaksin COVID-19 saat tiba di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (5/1/2021).

 

Setelah resmi mendapatkan kepastian izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dan dinyatakan halal dari MUI, sebanyak 20 ribu dosis vaksin Sinovac Covid-19 di Riau akan didistribusikan ke kabupaten dan kota di Riau untuk memulai tahapan program vaksinasi.

"Insya Allah, jam 10.00 WIB hari ini vaksin akan didistribusikan ke kabupaten dan kota. Vaksin akan didistribusikan dari UPT IFLK Jalan kesehatan Pekanbaru menuju 2 kabupaten yaitu  Kampar dan Pelalawan. Untuk pelaksanaan (vaksinasi) nanti akan dilaksanakan di 2 kabupaten  tersebut dan Kota Pekanbaru," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa (12/1).

Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada Selasa (5/1) lalu, telah menerima 20 ribu dosis vaksin Covid-19 yang merupakan pengembangan vaksin Sinovac China dan didistribusikan PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Dengan pengawalan ketat Brimob Polda Riau bersenjata lengkap, ribuan vaksin yang dikemas dalam belasan kotak kartun itu langsung disimpan di ruangan pendingin Unit Pelaksana Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan (IFLK) Dinas Kesehatan Riau, Jalan Kesehatan Pekanbaru. Setiap harinya, ribuan dosis vaksin itu juga harus dilakukan pengecekan suhu sekitar 6-8 derajat celcius selama dua kali sehari.

Sebanyak 20 ribu dosis vaksin Covid-19 merupakan bagian dari pendistribusian sebanyak 70% dari jumlah penduduk Riau atau sekitar 4 juta dosis vaksin yang direncanakan dialokasikan untuk Riau. Vaksin itu akan didistribusikan ke 12 kabupaten dan kota dengan prioritas penerima pertama vaksinasi ialah para tenaga kesehatan yang berjumlah sekitar 35.985 orang.

Sementara perkembangan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Riau terus bertambah. Hingga Senin (11/1) malam, terdapat penambahan 88 kasus terkonfirmasi Covid-19 dan penambahan 99 pasien yang dinyatakan sembuh. Sedangkan kabar duka, terdapat penambahan 2 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19.

"Sampai saat ini total terkonfirmasi 26.386 kasus dengan isolasi mandiri 900 orang, rawat di rumah sakit 488 orang, sembuh 24.378 orang, dan 620 meninggal dunia," jelas Mimi.

Ia mengungkapkan, suspek yang isolasi mandiri berjumlah 2.409 orang, isolasi di rumah sakit berjumlah 10 orang. Kemudian selesai isolasi berjumlah 61.715 orang, meninggal berjumlah 169 orang. Sehingga total suspek berjumlah 64.303 orang.

"Spesimen diperiksa berjumlah 444 sampel dan jumlah orang diperiksa berjumlah 384 orang. Sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa 204.273 spesimen," pungkas Mimi. (RK/OL-10)

Baca Juga

MI/Benny Bastiandy

Sumut Stop Penambahan Keramba Jaring Apung di Danau Toba

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 25 Januari 2021, 02:30 WIB
Pemprov juga telah melaksanakan sosialisasi cara budi daya ikan yang baik kepada pengusaha budi daya ikan di...
Antara/Oky Lukmansyah

Petugas Tutup Paksa Swalayan Langgar PPKM di Kupang

👤Palce Amalo 🕔Senin 25 Januari 2021, 02:10 WIB
Petugas juga memberikan peringatan kepada pemilik swayalan untuk menaati aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah demi memutus rantai...
Antara/Gede.

Kuasa Hukum Jeni Surati Presiden Soal Aturan Berjilbab di Sekolah

👤Yose Hendra 🕔Senin 25 Januari 2021, 01:55 WIB
Aturan harus mengenakan jilbab di sekolah di Kota Padang sudah berlangsung sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya