Rabu 16 Desember 2020, 16:50 WIB

Tren Penurunan Covid di Kota Cirebon agar Dipertahankan

Nurul Hidayah | Nusantara
Tren Penurunan Covid di Kota Cirebon agar Dipertahankan

Antara
Disiplin penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran dan menekan pasien terpapar covid-19.

 

Hari ini, warga yang terpapar covid-19 di Kota Cirebon menurun. Kondisi ini diharapkan bisa terus terjadi dengan kedisplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menjelaskan bahwa kemarin mereka telah melakukan uji usap pada 200 warga. Uji usap itu dilakukan dari hasil tracing warga yang telah terpapar covid-19.

"Dari 200 orang, yang positif covid-19 ternyata hanya 14 orang," ungkap Edy, Rabu (16/12).  

Angka ini menunjukkan penurunan dibandingkan hari-hari sebelumnya yang mencapai puluhan orang. Edy juga berharap pada hari-hari berikutnya testing yang gencar dilakukan setiap hari juga menunjukkan penurunan angka warga yang terpapar covid-19 di Kota Cirebon.

Selanjutnya Edy juga menambahkan sebanyak 16.336 uji usap sudah mereka lakukan di Kota Cirebon. Jumlah ini sudah mencapai 10 persen dari jumlah penduduk di Kota Cirebon. "Sedangkan yang terpapar covid-19 per hari ini mencapai 1.673 orang," ungkap Edy.

Untuk yang meninggal dunia tercatat sebanyak 65 orang dan yang masih melakukan isolasi sebanyak 413 orang. Untuk pasien yang meninggal dunia menurut Edy rata-rata disebabkan memiliki penyakit penyerta (comorbid).

Untuk tingkat kesembuhan, Edy mengungkapkan, tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Kota Cirebon cukup tinggi. Untuk kesembuhan pasien yang dirawat diisolasi mandiri terpusat atau isolasi untuk pasien OTG mencapai 88%. "Kalau ditotal, tingkat kesembuhan mencapai 92 persen. Yang 8 persen disebabkan adanya comorbid," ungkap Edy.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memiliki 3 tempat isolasi terpusat yang dikhususkan untuk pasien tanpa gejala. Dua tempat merupakan hotel yang disewa hingga Januari 2020 dan satu tempat lagi yaitu gedung BK Diklat. (OL-13)

Baca Juga: Emil: Soal Kerumunan HRS Menko Polhukam Mahfud Jangan Lepas Tangan

 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:38 WIB
PENGAWASAN lalu lintas hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, DiY diperketat. Hal ini dilakukan untuka mencegah masuknya penyakit mulut dan...
dok.ist

Dinilai Layak, Relawan Kalsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:14 WIB
KEBERHASILAN Ganjar Pranowo membawa Jawa Tengah lebih baik membuat ratusan orang di Kalimantan Selatan mendukungnya untuk menjadi Presiden...
Dok. Pribadi

Methodius Kossay Luncurkan Yayasan Harapan Generasi Papua, Fokus Bangun Karakter Pemuda Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:11 WIB
"Fokus yayasan adalah membangun pribadi manusia terutama generasi Papua seutuhnya sebagai subjek perubahan melalui pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya