Jumat 04 Desember 2020, 15:00 WIB

Warga Dievakuasi Akibat Banjir Lahar Gunung Semeru

Bagus Suryo | Nusantara
Warga Dievakuasi Akibat Banjir Lahar Gunung Semeru

Ant/Umarul Faruq
Warga melihat jalur lahar panas Gunung Semeru di kawasan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020

 

PETUGAS gabungan penanggulangan bencana di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengevakuasi warga menyusul banjir lahar dingin Gunung Semeru merusak tanggul sungai. Petugas mengantisipasi bencana susulan ini secara cepat pascaerupsi Gunung Semeru pada Selasa (1/12).

Sejak Kamis (3/12), hujan deras mengguyur daerah hulu gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Debit air meningkat membawa lumpur, batu, kayu dan material vulkanis sampai dusun terdekat. Memahami kondisi bahaya ini, Petugas gabungan mengevakuasi warga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo ke pengungsian karena banjir lahar dingin terjadi di Besuk Lanang dan Besuk Lengkong.

"Bahkan, aliran lahar dingin mengalir cepat ke Besuk Kobokan, Besuk Sat dan Gladak Perak," tegas Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Agus Triono. Kendati banjir cepat mereda, namun potensi bahaya harus diwaspadai secara dini lantaran hujan masih mngguyur Lumajang dan sekitarnya.

Aliran air bercampur material vulkanis menggerus talut dan tanggul sungai sehingga membahayakan masyarakat di sekitar daerah itu.Sejauh ini Bupati Lumajang Thoriqul Haq terus mengimbau masyarakat agar mewaspadai lahar panas Gunung Semeru.

"Waspada, arus lahar panas Gunung Semeru turun bersamaan dengan hujan dibeberapa wilayah sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) lahar Semeru. Proses evakuasi terus berlangsung, terutama daerah yang berada di tepian arus sungai lahar Semeru," katanya melalui akun twitter @thoriqul_haq.

Bahkan, Thoriqul Haq menginformasikan ada tanggul sungai di Sumberwuluh yang jebol pada Kamis (3/12) malam dan warga mengungsi. "Malam ini, saya dilapori kalau ada tanggul sungai di Sumberwuluh terkikis akibat luapan lahar Semeru tadi sore. Saya langsung ke lokasi, dan benar, sehingga masyarakat di sekitar tanggul malam ini mengungsi ke tempat yang lebih aman, kuatir tanggul jebol dan meluap ke permukiman," tuturnya.(OL-13)

Baca Juga: Awan Panas Guguran Gunung Semeru Berjarak Luncur 2 Ribu Meter

 

Baca Juga

MI/Tosiani

Warga BintanTtemukan Bola Hitam di Pantai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:51 WIB
Bola hitam tersebut terlihat dilapisi dengan rantai besi putih disertai ban hitam mini. Pada benda tersebut terdapat beberapa tulisan,...
MI/Rudi Kurniawansyah

834 Personel Polda Riau Ikuti Seleksi Sekolah Inspektur Polisi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:48 WIB
Agung menjelaskan terdapat tiga belas penilaian komponen bagi anggota Polri yang menjadi acuan...
MI/Ruta Suryana

Operasi Yustisi Digencarkan, 12 Terjaring Langgar Prokes

👤Ruta Suryana 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:45 WIB
Untuk yang menggunakan masker dengan tidak benar dilakukan pembinaan oleh petugas dengan hukuman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya