Rabu 25 November 2020, 20:14 WIB

Hujan Tiga Jam, Sungai Meluap Rendam Ratusan Rumah di Tasikmalaya

Kristiadi | Nusantara
Hujan Tiga Jam, Sungai Meluap Rendam Ratusan Rumah di Tasikmalaya

MI/Kristiadi
.

 

HUJAN deras yang menguyur beberapa wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyebabkan longsor menutup badan jalan dan banjir merendam ratusan rumah di Kampung Sukamantri, Karangasem, Nampong, Desa Ciawi, Pakemitan, Margasari, Kabupaten Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (25/11). Dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Kapolsek Ciawi Polresta Tasikmalaya, Komisaris Dies Ratmono, mengatakan hujan deras yang terjadi menyebabkan ratusan rumah di tiga kampung tersebar di tiga desa terendam banjir luapan Sungai Cihanjuang dan Cikuya setinggi 50 sentimeter. Banjir luapan sungai tersebut merendam pula puluhan hektare areal persawahan baru tanam.

"Kami bersama petugas dari TNI dan relawan sekarang masih berupaya mendata rumah yang terendam banjir. Yang tercatat baru ratusan rumah dengan kondisi air setinggi 20-50 sentimeter. Akan tetapi, ada beberapa rumah lain masih belum tercatat tapi dengan hujan yang terjadi selama tiga jam ada beberapa lokasi, terutama jalan di Desa Bugel tertimbun longsor," katanya, Rabu (25/11).

Dies mengatakan, hujan deras yang terjadi itu menyebabkan ratusan rumah terendam banjir dan jalan desa tertimbun longsor hingga beberapa kampung terisolasi. Kejadian tersebut merata di Kecamatan Ciawi.

"Upaya yang dilakukan petugas untuk sekarang belum maksimal karena kondisinya sudah malam dan dipastikan sekarang jalan tersebut masih belum dilintasi oleh kendaraan karena tebing setinggi 30 meter longsor dan memimbun jalan desa panjang 25 meter," katanya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tasikmalaya, Irwan, mengatakan pihaknya membenarkan hujan yang terjadi itu menyebabkan ratusan rumah terendam banjir luapan Sungai Cihanjuang dan Cikuya di tiga desa. Untuk sekarang pihaknya masih menunggu laporan dari para petugas desa mengingat kondisi masih hujan. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

DIY Perpanjang PPKM, Ini 11 Poin Instruksi Sri Sultan HB X

👤Ardi Teristi 🕔Selasa 26 Januari 2021, 01:35 WIB
Gubernur DIY Sri Sultam HB X mengeluarkan instruksi terkait perpanjangan masa...
Dok. Pribadi

Situs Kota Lama Semarang FIABCI-REI Excellence Award 2020 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 26 Januari 2021, 01:34 WIB
Penganugerahan penghargaan itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menuju kompetisi internasional yakni FIABCI Prix d’Excellence...
ANTARA

Penyebaran Covid-19 Terus Meningkat, Ciamis Perpanjang PPKM

👤Kristiadi 🕔Selasa 26 Januari 2021, 01:15 WIB
Pemkab Ciamis putuskan perpanjang PPKM karena masih tingginya kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya