Jumat 20 November 2020, 21:55 WIB

Ribuan Warga Masih Mengungsi Akibat Banjir di Cilacap

Lilik Darmawan | Nusantara
Ribuan Warga Masih Mengungsi Akibat Banjir di Cilacap

ANT/IDHAD ZAKARIA
Foto udara banjir yang menggenangi enam desa di wilayah Kecamatan Kroya, Cilacap, Jateng, Kamis (19/11/2020).

 

BANJIR yang terjadi di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) masih belum surut. Hingga Jumat (20/11), banjir masih merendam 46 desa di 15 kecamatan yang ada di kabupaten terluas di Jateng tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan bahwa banjir yang ada di Cilacap masih belum surut. Ada sejumlah kecamatan yang cukup parah di antaranya adalah Kroya, Sidareja dan Bantarsari.

"Sampai sekarang, ada 46 desa yang tersebar di 15 kecamatan masih terendam banjir. Pengungsi jumlahnya juga masih ribuan," kata Tri Komara.

Menurutnya, pengungsi akibat bencana banjir tercatat masiuh ada 1.463 keluarga atau 4.275 jiwa. Mereka mengungsi ke sekolah, balai desa dan  tempat lain yang aman dari bencana banjir. "Banjir yang terjadi sejak tiga hari lalu akibat curah hujan yang tinggi. Volume air yang tinggi mengakibatkan 24 titik tanggul jebol," ujarnya.

Sebelumnya, juga terjadi bencana tanah longsor di 14 desa yang tersebar di 3 kecamatan. Longsor mengakibatkan 61 rumah mengalami kerusakan baik berat, sedang dan ringan. Empat rumah di antaranya roboh.

BPBD bersama tim relawan terus memberikan bantuan logistik kepada para pengungsi dan mereka yang terdampak bencana. (OL-13)

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Aceh Tenggara Sebabkan 48 Rumah Rusak

Baca Juga

MI/Akhmad Safuan

KPU Rembang Belum Bisa Tetapkan Paslon Terpilih

👤Akhnad Safuan 🕔Jumat 22 Januari 2021, 07:39 WIB
Masih bersengketa di Mahkamah KonstitusI (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang belum bisa menggelar penetapan paslon...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

1385 Sekolah di Kalsel Rusak Akibat Banjir

👤Denny Susanto 🕔Jumat 22 Januari 2021, 07:19 WIB
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Selatan mencatat banjir besar di 11 kabupaten/kota di Kalsel mengakibatkan  1.385...
ANTARA/Bayu Pratama S

Transportasi Trans Kalimantan Belum Pulih

👤Denny Susanto 🕔Jumat 22 Januari 2021, 07:06 WIB
Akses transportasi penghubung antar kabupaten dan lintas provinsi di Kalsel belum sepenuhnya pulih, menyebabkan harga kebutuhan pokok terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya