Kamis 12 November 2020, 17:15 WIB

PKK NTT Rapid Test Gratis untuk Guru dan Pegawai Kelurahan

Palce Amalo | Nusantara
PKK NTT Rapid Test Gratis untuk Guru dan Pegawai Kelurahan

MI/Palce Amalo
Tim Penggerak PKK NTT menghelat rapid test massal untuk guru dan pegawai kelurahan, Kamis (12/11)

 

TIM Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar rapid test gratis terhadap ratusan guru sekolah dasar (SD), pegawai kantor kelurahan, Kamis (12/11).

Rapid test bekerja sama dengan sejumlah dokter alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia digelar di Kantor Kelurahan Manutapen, Kota Kupang sebagai bagian dari sumbangan PKK untuk mencegah penyebaran virus korona di masyarakat.

Selain itu, rapid test juga dilakukan terhadap para perempuang yang bertugas memasak dan membagikan makanan tambahan pemulihan (PMT) untuk balita.

Pada kesempatan tersebut, tim PKK juga menggelar sosialisasi gerakan 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan memakai masker. "Tim dokter ini menyiapakan alat rapid testnya, dijembatani oleh PKK dan dilakukan oleh tenaga kesehatan di puskesmas," kata Ketua PKK NTT Julie Laiskodat.

Kegiatan kemanusiaan tersebut digelar di aula kantor kelurahan setempat, sebagai satu-satunya kelurahan model bagi kelurahan lainnya dalam penerapan pelayanan publik di semua sektor antara lain kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Di era pandemi covid19, Manutapen juga menjadi model penerapan protokol kesehatan.

Untuk itu, Dia minta warga setempat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena penyebaran virus korona belum berakhir. "Kita bersama melawan pandemi covid hanya dengan disiplin menjalankan 3M," ujarnya.

Lurah Manutapen Andy Ardiansyah menyambut baik kegiatan rapid test tersebut karena meningkatkan kewaspadaan di masyarakat. Namun sesuai hasil rapid test, tidak ada warga yang reaktif. Namun, jika ada warga yang reaktif, tambah Dia, akan difasilitasi untuk menjalani test swab atau menjalani isolasi mandiri.

Kegiatan rapid test tersebut dilakukan oleh lima orang petugas, dilakukan dengan protokol kesehatan. Dia juga mengimbau warga di kelurahan tersebut rajin mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. (Ol-13)

Baca Juga: Pertama di Indonesia, PKK NTT Raih Sertifikat ISO 9001:2015

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan

Selama Pandemi Pengiriman Pekerja Migran Sumsel Turun Drastis

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 18:20 WIB
Sebanyak 186 pekerja migran yang berangkat selama 2020 itu mayoritas bekerja di bidang formal (108 orang) dan informal (78 orang) yang...
ANTARA

Pulau Kemaro akan 'Disulap' Jadi Ikon Wisata Kota Palembang

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:40 WIB
Dengan ikon Sungai Musi Palembang, rencananya Pemkot Palembang bakal membuat pusat wisata air unggulan yang berpusat di Pulau...
DOK MI

Kasus Covid-19 di Sumsel Terus Bertambah

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:27 WIB
Kasus positif covid-19 di Sumsel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya