Rabu 11 November 2020, 16:50 WIB

Disiplin Prokes Kendor Muncul Klaster Keluarga di Kalteng

Surya Sriyanti | Nusantara
Disiplin Prokes Kendor Muncul Klaster Keluarga di Kalteng

dok.Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah
Sebaran Covid-19 di Kalimantan Tengah per 11 November 2020

 

TIM Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan munculnya klaster-klaster baru Covid-19, termasuk klaster keluarga membuat kedisiplinan akan protokol kesehatan perlu semakin ditegakkan.

Oleh karena itu, kewaspadaan dan pengetahuan terkait pencegahan penularan benar-benar perlu dipahami. Adapun protokol isolasi untuk anggota keluarga yang positif Covid-19 menurut Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebagai berikut, gunakan kamar dan kamar mandiri tersendiri bila memungkinkan, dalam rilis Satgas Covid-19 Kalteng, Rabu (11/11).

Kedua, selalu  menggunakan masker, pantau suhu tubuh dan frekuensi pernapasan anggota keluarga yang sakit setiap hari. Apabila kondisi kesehatan menurun, segera hubungi ke layanan kesehatan.Kemudian di dalam kamar upayakan terpapar sinar matahari 15-30 menit setiap hari. Pastikan ruangan cukup sinar matahari dan sirkulasi udara baik.

Selain itu menurut Satgas, ganti seprai setiap hari atau jika dibutuhkan dan rendam sprai dan pakaian bekas dengan larutan klorin 0,5 persen (bayclin/detergen) selama 10 menit, kemudian cuci dan jemur. Dan bersihkan kamar paling sedikit 1 kali sehari.

Sediakan tempat sampah tertutup di dalam kamar, lapisi dengan kantong plastik, dan dibuang setiap hari.Gunakanlah peralatan makan secara terpisah, cuci dengan sabun dan simpan di tempat terpisah, makan makanan bergizi, berolahraga dan istirahat yang cukup.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini Rabu, 11 November 2020, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Tengah bertambah sebanyak 45 orang dengan total kasus mencapai 4.667 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 11 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 164 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 3,5 persen. (OL-13)

Baca Juga: Kejati Jambi Tangkap Buronan Kejati Maluku

Baca Juga

ANTARA/Fikri Yusuf

Tim SAR Cari WNA Terseret Arus Sungai di Gianyar Saat Arung Jeram

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 21:12 WIB
Musibah muncul ketika dalam perjalanan volume air tiba-tiba meninggi dengan arus yang deras yang mengakibatkan satu perahu arung jeram...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/

Bank Indonesia Sebar Ribuan Bibit Lombok ke Tim PKK Karangasem Bali

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 20:55 WIB
Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang memberikan pengaruh besar terhadap tingkat...
MI/DJOKO SARDJONO

Kendalikan Inflasi, Bupati Klaten Gaungkan Gerakan Menanam Cabai

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 20:25 WIB
Gerakan masyarakat menanam cabai di lahan pekarangan rumah sudah saatnya dimaksimalkan, minimal tanam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya