Senin 26 Oktober 2020, 13:53 WIB

Bawaslu Tiga Kabupaten di Babel Investigasi Pengumpulan KTP

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Bawaslu Tiga Kabupaten di Babel Investigasi Pengumpulan KTP

Antara
Ilustrasi

 

TIGA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan investigasi terkait motif pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP) secara massal saat pilkada.

Ketua Bawaslu Provinsi Babel. Edi Irawan mengatakan Ketiga Kabupaten tersebut adalah, Bangka Selatan, Bangka tengah dan Bangka Barat (Barat).

"Tiga Kabupaten ini sedang investigasi terkait motifnya, untuk apa pengumpulan KTP ini, kita harapkan hasil investigasi ini dapat segera di ketahui,"kata Edi. Senin (26/10).

Sementara, Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi mengatakan kepentingan Pengumpulan KTP ini dari informasi yang didapat bukan hanya mengarah kepada salah satu calon saja.

"Kita sudah ngobrol dengan masyarakat, memang ada yang datang minta KTP, tapi tidak ditanggapi karena kepentinganya untuk apa, belum jelas,"ujarnya.

Baca juga : Ganjar Ogah Komentar Soal Layak Capres 2024

Kendati demikian, pihaknya meminta kepada seluruh jajarannya agar tidak tergiring opini, sebab harus dilakukan penelusuran dengan investigasi, karena tidak ada laporan resmi.

Sejauh ini, menurutnya, Bawaslu masih mengendus motif pengumpulan KTP tersebut seperti apa, apakah benar-benar sebagai tim sukses paslon, atau untuk pendataan sebagai saksi nantina.

"Paslon saat ini masih rebutan, untuk mendapatkan saksi guna mengawas TPS, satu TPS 2 Saksi bearti dalam satu TPS ada 800 saksi, karena per TPS itu 400 Saksi. Jika dikalikan tiga Paslon ada 2400 saksi,"jelasnya.

Ia menegaskan jika pengumpulan KTP ini untuk mendata sebagai saksi silahkan saja, tapi jangan sampai ada embel-embelnya karena bisa mengarah ke money politik.

"Sekali lagi kita ingatkan tiga paslon pilkada, jangan sampai pengumpulan KTP ini bermuara ke money politik," tegasnya.(OL-2)

Baca Juga

medcom

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Tembus 2.001 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:58 WIB
Klaten menambah jumlah kasus positif sebanyak 28 orang sehingga jumlah akumulasi kasus positif menjadi 2.001...
Dok.MI

342 Tenaga Medis Gugur IDI Beri Peringatan

👤(Van/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:55 WIB
TIM Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan dari Maret hingga Desember total 342 tenaga medis dan tenaga kesehatan...
heri susetyo

3M Amankan Pesta Demokrasi

👤HERI SUSETYO 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:50 WIB
SEUSAI subuh, sejumlah petugas sudah datang ke tempat pemungutan suara. Mereka menyemprot seluruh meja, kursi, peralatan, dan lantai dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya