Jumat 18 September 2020, 04:25 WIB

Petani masih Memilih Membakar Lahan

(DW/RF/SS/N-3) | Nusantara
Petani masih Memilih Membakar Lahan

Dwi Apriani
Tiga Helikopter Waterbombing Diterjunkan: Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Tiga Helikopter Waterbombing Diterjunkan

 

BASARUDDIN, 50, khilaf. Petani dari Desa Harapan Mulia, Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, itu bermaksud membersihkan lahan miliknya untuk mulai ditanami.

Ia memilih membersihkan dengan cara dibakar. Nahas, api merambat luas dan membakar lahan di luar miliknya. “Setelah membakar, pelaku tidak menunggui. Ia malah memilih memancing ikan sehingga kebakaran meluas dan sulit dipadamkan karena lahan itu berada di areal gambut,” ujar Kapolsek Gelumbang, Iptu Hary Dinar, kemarin.

Api baru bisa dipadamkan ketika polisi dan masyarakat datang ke lokasi. “Lahan yang terbakar mencapai setengah hektare,” tambah Hary. Panas masih jadi soal di sejumlah daerah di Sumatra.

Di Bangka Belitung, tidak adanya hujan membuat titik panas terus bermunculan. “Hari ini ada 54 titik panas yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan. Tersebar di empat kabupaten, yakni Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, dan Be-litung Timur,” kata Kabid Kedaruratan, Badan Penang-gulangan Bencana Daerah, Aswin.

Tim sudah diberangkat-kan ke lokasi. “Kami belum memastikan titik panas itu akibat kebakaran atau bu-kan. Tim juga akan langsung melakukan pemadaman,” tambahnya.

Sudah turunnya hujan di Kalimantan Tengah mem-buat Kota Palangka Raya terbebas dari ancaman kabut asap. “Tahun ini, kami tidak repot dengan kebakaran hu-tan dan lahan. Hujan masih terus turun,” kata Kepala BPBD Palangka Raya Emy Abriyani.

Ia menambahkan, sejak Januari hingga September, hanya terpantau 26 titik panas, yang setelah dicek ternyata kejadian kebakaran hanya di 16 titik. “Sisanya hanya pan-tulan panas yang terpantau citra satelit.”Namun, Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Kalimantan Tengah tetap bersiaga.

“Helikopter water bombingsudah siap terbang dari Ban-dara Tjilik Riwut.” (DW/RF/SS/N-3)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Begini Kronologi Insiden di Kanjuruhan Versi Aremania Korwil Bantur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:21 WIB
Setelah terjadi aksi dari dua suporter tersebut, kemudian memicu pendukung lainnya untuk memasuki area...
ANTARA/HO/POLRES TAPUT

Bantuan Kemanusiaan Mengalir ke Wilayah Terdampak Gempa di Taput

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:00 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menyalurkan ratusan paket bantuan kemanusiaan ke Tapanuli Utara...
MI/Januari Hutabarat

BNPB Sebut 962 Rumah Rusak Akibat Gempa Tapanuli Utara

👤Januari Hutabarat 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:51 WIB
BNPB juga mengirimkan personel guna dukungan kaji cepat dan akan memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) yang akan diserahkan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya