Kamis 18 Juni 2020, 09:00 WIB

Seminggu Dibuka Terminal Indihiang masih Sepi

Kristiadi | Nusantara
Seminggu Dibuka Terminal Indihiang masih Sepi

MI/Kristiadi
Anggota Polres Tasikmalaya Kota memberikan masker kepada penumpang tidak memakai masker di Terminal Indihiang, Kota Tasikalmalaya.

 

TERMINAL Indihiang Kota Tasikmalaya telah kembali beroperasi sejak Senin (8/6). Namun aktivitas bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) masih sepi. Rata-rata jumlah penumpang atara 5 sampai 8 orang. Kepala Terminal Indihiang, Jenny M Wirandani mengatakan terminal sudah beroperasi sejak sepekan lalu. Bus AKAP boleh beroperasi setelah keluarnya surat edaran dari Kementerian Perhubungan.

"Untuk bus AKAP yang boleh beroperasi hanya tujuan ke zona hijau. Sedangkan tujuan zona merah belum boleh beroperasi. Bus dengan tujuan Jabodetabek memang telah dibiarkan beroperasi, sebab wilayah itu sudah masuk dalam kategori zona hijau," kata Jenny, Kamis (18/6).

Ia menambahkan khusus untuk bus masuk wilayah Jakarta, para calon penumpang harus membawa surat izin keluar masuk (SIKM) tapi kendaraan menuju wilayah lain, penumpang hanya diwajibkan membawa surat keterangan sehat dari puskesmas setempat. Pengurusan SIKM melalui aplikasi bukan diurus di terminal.

"Sejak dibuka kembali, terminal telah membuat wastafel di lima titik dan bilik disinfektan untuk penumpang yang turun di terminal. Bagi setiap penumpang yang turun wajib masuk ke bilik disinfektan termasuk mereka wajib memakai masker," ujarnya.

baca juga: 17 Warga Desa Positif Korona di Simalungun Luput Terdeteksi

Di terminal juga disediakan posko jaga diisi TNI, Polri, BPBD, Dishub, Dinas Kesehatan dan dinas intansi lainnya tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya. Petugas di pos akan melakukan pengawasan untuk kepada setiap penumpang yang datang ke terminal.

"Petugas akan memberikan masker kepada penumpang yang tidak menggunakan. Dan kita juga sudah memberi tanda jaga jarak ke kursi tunggu. Sedangkan, setiap kendaraan yang hendak berangkat wajib disemprot disinfektan di bagian luarnya. Dan itu dilakukan di masing-masing pool bus. Penumpang yang naik maksimum 50% dari kapasitas seharusnya," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

dok.pribadi

Masalah Internet Bisa Bikin PON di Papua Ambyar

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:51 WIB
AKSES internet di Papua, terutama di dua kota utama yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura serta beberapa daerah sekitarnya sampai saat...
Antara

Pelaku Usaha Wisata di Bandung Barat Sekarat

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:39 WIB
PEMILIK usaha pariwisata dimohon agar kegiatan kunjungan wisata ditutup sementara mulai tanggal 7-14 Mei 2021. Permohonan Pemkab Bandung...
MI/Arnoldus Dhae

Pemilu 2024, NasDem Targetkan Raih Empat Kursi DPR dari NTT

👤Palce Amalo 🕔Jumat 07 Mei 2021, 19:11 WIB
PARTAI NasDem membidik empat kursi DPR RI dari daerah pemilihan 1 dan 2 Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pemilu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya