Senin 13 April 2020, 22:18 WIB

Bali Tetap Optimistis Bisa Tangani Penyebaran Covid-19

Arnoldus Dhae | Nusantara
Bali Tetap Optimistis Bisa Tangani Penyebaran Covid-19

MI/Arnoldus Dhae
Gubernur Bali I Wayan Koster

 

Gubernur Bali I Wayan Koster tetap optimistis bisa meminimalisir penyebaran covid-19 di Bali. Sebagai Ketua Gugus Tugas
Penanggulangan covid-19 di Provinsi Bali, Koster bertanggung jawab penuh terhadap pencegahan dan penanggulangan virus covid-19.

"Saya perlu menyampaikan bahwa berkaitan covid-19 di Bali sampai kemarin positif 81 orang terdiri dari 7 orang Warga Negara Asing (WNA) dan 72 Warga Negara Indonesia (WNI). Dari 7 WNA ini 2 meninggal, kemudian 4 orang sembuh dan 1 masih dirawat," papar Koster, Senin (13/4).

Menurut Koster, selama ini yang positif di Bali terbanyak merupakan kasus impor. Ini bisa dibuktikan dari 72 WNI yang diketahui positif di Bali ternyata sebanyak 51 orang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau ABK dari luar negeri. Sisanya sebanyak 13 orang merupakan mereka yang pernah bepergian dari daerah lain di Indonesia.

"Saya sebut saja daerahnya, Jakarta dan Surabaya. Hanya 8 orang terjangkit di Provinsi Bali. Itu yang merupakan transmisi lokal. Jadi, sebenarnya landai untuk Bali," ungkap Koster.

Baca juga: 24 WNA Anggota Jamaah Tabligh Diperintahkan Isolasi Diri

Ia meminta data-data tersebut dipahami dengan baik untuk meyakinkan jika sesungguhnya penyebaran covid-19 datang dari luar Pulau Bali. "Tolong digaribawahi bahwa yang positif ini kecenderungannya yang selalu bertambah datangnya dari luar. Imported case," jelasnya.

Koster menyebutkan bahwa pihaknya mencermati data yang transmisi lokal hari demi hari. "Datanya stagnan yang lokal. Artinya apa? Penanganan covid-19 di Bali berjalan dengan baik. Kalau daerah lain terus nambah, yang nambah bukan orang lokal Bali, tapi pendatang," jelasnya.

Namun, Koster mengakui bahwa pihaknya tidak bisa menolak mereka. "Karena mereka itu adalah orang Bali yang dipulangkan oleh perusahaannya atau kebijakan dari negara tempat mereka bekerja. Kita sebagai pemerintah wajib menerima," pungkasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

DoK MI

Kasus Covid-19 di Riau Kian Mengkhawatirkan

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 05:48 WIB
 Kasus positif Covid-19 di Riau kian mengkhawatirkan. Hingga Jumat (7/5) malam terdapat penambahan 628 kasus terkonfirmasi Covid-19...
MI/Denny Susanto

Profil dan Track Record Paslon Jadi Pertimbangan di Banjarmasin

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 08 Mei 2021, 05:34 WIB
Profil dan track record paslon menjadi pertimbangan utama pemilih di Banjarmasin, Kalimantan Selatan bukan karena...
dok.pribadi

Masalah Internet Bisa Bikin PON di Papua Ambyar

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:51 WIB
AKSES internet di Papua, terutama di dua kota utama yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura serta beberapa daerah sekitarnya sampai saat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya