Selasa 15 September 2020, 16:30 WIB

Hong Kong Catat Nol Kasus Impor Pertama Sejak Awal Juli

Faustinus Nua | Internasional
Hong Kong Catat Nol Kasus Impor Pertama Sejak Awal Juli

AFP/ANTHONY WALLACE
Restoran outdoor di mal di Hong Kong

 

Hong Kong telah mencatat nol kasus baru infeksi virus covid-19 untuk pertama kalinya sejak gelombang ketiga dimulai pada awal Juli. Alhasil kolam renang dan pub di kota itu dapat dibuka kembali mulai Jumat ini.

Pusat Perlindungan Kesehatan mengatakan pada Selasa (15/9) bahwa hanya ada empat kasus impor, yang melibatkan pengunjung dari Jepang, Filipina, Rwanda, dan India. Jadi, jumlah total infeksi covid-19 yang dikonfirmasi di kota semi-otonom itu menjadi 4.975 kasus dan 101 kematian.

Laporan nol kasus lokal covid-19 merupakan yang pertama kalinya dalam beberapa bulan. Angka tersebut menjadi yang terendah sejak 30 Juni, ketika kota itu mencatat dua kasus impor dan sebelum gelombang ketiga dimulai.

Sementara beberapa aturan jarak sosial mulai dilonggarkan, kolam renang akan diizinkan beroperasi dengan kapasitas setengahnya. Pub dan restoran diizinkan, tetapi harus tutup pada tengah malam dan pantai masih tetap ditutup, mengingat risiko kontak dekat yang lebih tinggi.

Dua taman hiburan kota, Ocean Park dan Hong Kong Disneyland Resort, juga akan diizinkan untuk dibuka kembali. Namun, belum diketahui kapan mulai beroperasi.

Baca juga: Pertama Kali, Australia Nol Kematian Covid-19 dalam Dua Bulan

"Pada dasarnya semua tempat yang dijadwalkan akan dibuka kembali dengan batasan tertentu," kata sebuah sumber.

Mengingat jumlah kasus baru covid-19 terus menurun, pemerintah menaikkan jumlah orang yang diizinkan berkumpul di depan umum. Awalnya dua orang, kini menjadi empat orang, dengan batasan yang sama berlaku juga untuk meja di restoran.

Bisnis tertentu, termasuk arena seluncur es, museum, dan pusat permainan, juga diizinkan untuk dibuka kembali.

Ada pun pelonggaran aturan lebih lanjut akan direkomendesikan oleh ahli kesehatan masyarakat dengan mempertimbangkan kemungkinan terjadi peningkatan kasus baru covid-19.

Diketahui Hong Kong telah malakukan program pengujian massal, yang berakhir pada hari Senin. Sebanyak 1,78 juta orang atau seperempat populasi kota telah dites, dan setidaknya 32 pembawa covid-19 teridentifikasi.

Pemimpin kota, Carrie Lam Cheng Yuet-ngor dan pejabat senior diharapkan untuk menyampaikan rincian lebih lanjut dari kebijakan pelonggaran pada sore ini. Lam juga diharapkan memperkenalkan putaran ketiga dana antiepidemi kota. (SCMP/OL-14)

 

Baca Juga

AFP

Jurnalis Jepang Dideportasi dari Myanmar

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:15 WIB
Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi membenarkan bahwa wartawan tersebut meninggalkan Myanmar menuju Jepang pada Jumat...
Ilustrasi

WHO: Varian Virus Korona India-Afrika Selatan Ditemukan di AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 13:30 WIB
Varian terbaru, varian B.1.617 dari India, katanya, telah terdeteksi dalam kasus di delapan negara Amerika, termasuk Kanada dan Amerika...
AFP/Ahmad GHARABLI

Warga AS Diminta tidak Lakukan Perjalanan ke Israel

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 14 Mei 2021, 13:03 WIB
Tingkat imbauan perjalanan, yang telah diturunkan dalam beberapa pekan terakhir, karena kemajuan situasi covid-19 di negara itu,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya