Jumat 06 Maret 2020, 12:50 WIB

ODHA di Pematangsiantar Dapat Bantuan Usaha

Apul Iskandar | Nusantara
ODHA di Pematangsiantar Dapat Bantuan Usaha

ANTARA/Raisan Al Farisi
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Sosial melalui  Balai Rehabilitasi Sosial ODH (BRSODH) Bahagia Medan menggelar program  Capacity Building yang merupakan  program usaha untuk memberikan bantuan sosial, sebagai pendamping  dalam bentuk bantuan usaha kemandirian. Kepala Balai Kemensos melalui Balai Rehabilitasi Sosial ODH Bahagia Medan, Sumarno Sri Wibowo mengungkapkan ada 18.000 orang HIV/AIDS di Provinsi Sumatra Utara, 802 di antaranya adalan anak-anak. Sedangkan total catatan nasional, jumlah ODHA mencapai 500 ribu orang.

"Tanpa sentuhan bersama, ketika permasalahan hanya diserahkan kepada Kementerian Sosial tidak akan selesai tanpa ikut campur pemerintah daerah, masyarakat, LKS, organisasi kemasyarakatan serta perusahaan. Semoga ke depan dapat bersinergi dan mengambil peran terhadap orang  dengan HIV/AIDS (ODHA)," ungkapnya.

Sumarno menambahkan bahwa program bantuan usaha kemandirian untuk ODHA ini, agar mereka bisa mandiri dan berdaya di hadapan masyarakat. Rencananya setiap tahun ada sekitar 50 ODHA akan menerima bantuan usaha kemandirian dengan nilai Rp5 juta per orang di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar.

baca juga: Tekan Inflasi, Ibu Rumah Tangga Tanam Bawang Merah

"Harapan kita mereka dapat dan memulai usaha baru agar berdaya secara ekonomi dan sosial sehingga mereka juga kelihatan berperan bagi keluarga dan masyarakat," ujarnya.

Sementara Asisten I Pemerintah Kabupaten Simalungun, Rizal TP Saragih, mengatakan stigma negatif dan diskriminasi terhadap ODHA harus dihilangkan. Ia mengajak masyarakat serta para sahabat peduli ODHA membantu pemulihan sosial penderita agar bisa diterima lagi di lingkungan sosialnya. (OL-3)

 

 

Baca Juga

Dok pribadi

UMKM Nahdliyin Siap Bangkit dan Bertumbuh

👤Media Indonesia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:55 WIB
KRISIS ekonomi global akibat pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan bisnis domistik mengalami keruntuhan yang...
MI/BAYU ANGGORO

Brigjen TNI Achmad Fauzi Kunjungi 15 Veteran Pejuang Kemerdekaan di Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:35 WIB
Direktur Pengkajian dan Pengembangan Seskoad itu mengajak seluruh bangsa tidak melupakan jasa para pahlawan dan...
MI/BAYU ANGGORO

Organisasi Kebangsaan Indonesia Bersatu Ajak Warga Optimistis Menjadi Bangsa yang Besar

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:30 WIB
Dengan bonus demografi dan potensi sumber daya yang luar biasa, negara Indonesia ini memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya