Minggu 23 Februari 2020, 15:50 WIB

Klaten Giatkan Gotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol

Djoko Sardjono | Nusantara
Klaten Giatkan Gotong Royong Perbaiki Tanggul Jebol

MI/Djoko Sardjono
Klaten Giatkan Gotongroyong Perbaiki Tanggul Jebol

 

TANGGUL Sungai Slegrengan dan Sungai Mlese di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang jebol akibat diterjang banjir mulai diperbaiki secara gotong-royong.

Tanggul dua sungai tersebut, Jumat (21/2) sore jebol karena tidak mampu menahan arus deras banjir. Banjir terjadi setelah hujan lebat mengguyur di wilayah Kabupaten Klaten.

Pegiat relawan bencana di Klaten, Arif Hidayah, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa panjang tanggul yang jebol di Sungai Slegrengan, yaitu sekitar 5 meter dan Sungai Mlese 10 meter.

''Akibat tanggul jebol di dua sungai tersebut, lahan padi sekitar 15 hektare yang kini telah memasuki fase generatif atau mulai bunting terendam air luapan banjir,'' imbuhnya, Minggu (23/2).

Untuk mengantisipasi banjir susulan musim hujan ini, perbaikan tanggul jebol Sungai Slegrengan dan Sungai Mlese dikebut. Perbaikan tanggul sekaligus pembersihan sampah di sungai.

Tanggul jebol sungai di Desa Jabung dan Desa Mlese, diperbaiki dengan patok-patok bambu dan karung pasir. Hari ini, pekerjaan perbaikan tanggul itu diharapkan sudah selesai.

''Perbaikan tanggul jebol dan pembersihan sampah di sungai dengan gotongroyong yang melibatkan TNI, Polri, BBWS Bengawan Solo, BPBD, PUPR, relawan, dan masyarakat,'' pungkasnya. (JS/OL-10)

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...
Dok Kementan

Bawang Merah di Jayapura Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 06:30 WIB
Bawang merah antar pulau diambil dengan harga Rp6 ribu-Rp 70 ribu/kg namun kondisinya masih kotor sehingga harus dibersihkan terlebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya