Jumat 06 Desember 2019, 20:27 WIB

Musim Hujan, Warga Klaten Diminta Siaga Bencana

Djoko Sardjono | Nusantara
Musim Hujan, Warga Klaten Diminta Siaga Bencana

Ilustrasi
Musim hujan

 

MEMASUKI musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Jawa Tengah, meminta masyarakat untuk siaga terhadap ancaman bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Guna memantau ketinggian air Sungai Dengkeng, BPBD Klaten pun telah memasang kamera pengawas (CCTV) di tiga titik, masing-masing di Kragilan, Kecamatan Gantiwarno, serta di Paseban dan Talang, Kecamatan Bayat.

"Bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang di musim hujan menjadi ancaman serius yang harus diwaspadai, sebagai upaya pengurangan risiko bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Klaten Sip Anwar, Jumat (6/12).

Pada musim penghujan, menurut Sip Anwar, bencana banjir mengancam 11 wilayah kecamatan di Klaten. Banjir akibat luapan beberapa sungai, antara lain Bengawan Solo, Sungai Dengkeng, dan anak-anak Sungai Dengkeng.

Wilayah rawan banjir tersebut, yaitu Prambanan, Gantiwarno, Jogonalan, Wedi, Kalikotes, Bayat, Pedan, Cawas, Trucuk, Karangdowo, dan Juwiring. Banjir disebabkan tanggul jebol, sedimentasi, dan pintu air tidak berfungsi optimal.

Ancaman bencana tanah bergerak dan longsor pun perlu diantisipasi, utamanya warga Desa Sekarbolo di Kecamatan Wedi, Desa Krikilan di
Kecamatan Bayat, Desa Burikan di Kecamatan Cawas, dan Desa Ngandong di Kecamatan Gantiwarno.

Selain itu, ancaman bencana angin kencang berpotensi terjadi di semua wilayah Kabupaten Klaten. Seperti kejadian angin kencang, Selasa (3/12) lalu, rumah warga di beberapa kecamatan rusak akibat diterjang bencana alam tersebut.

''Untuk antisipasi bencana di musim hujan ini, BPBD Klaten telah menyusun kontijensi dan menyiapkan peralatan kebencanaan, seperti perahu karet, gergaji mesin, dan logistik. Termasuk pembentukan posko bencana,'' pungkasnya. (OL-11)

Baca Juga

Dok: Adaro

Adaro Kirim ERG dan Logistik ke Daerah Bencana di Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Minggu 17 Januari 2021, 08:04 WIB
Perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tabalong dan Balangan tersebut telah menyalurkan bantuan logistik sembako dan Emergency Respons...
MI/Denny Susanto

Longsor Terjadi di Sejumlah Daerah di Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Minggu 17 Januari 2021, 07:44 WIB
Tercatat longsor terjadi di wilayah Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Selatan dan Tanah Laut. Di Kabupaten Tanah Laut terjadi di dua desa...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/

Sumedang Evaluasi Izin Pembangunan Perumahan

👤(AD/Wan/VL/N-2) 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:30 WIB
HUJAN dan ancaman tanah longsor susulan terus mewarnai proses evakuasi korban di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya