Kamis 19 September 2019, 10:42 WIB

Green School Mulai Dikembangkan di Pidie

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Green School Mulai Dikembangkan di Pidie

Antara
Ilustrasi

 

DINAS Pendidikan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, kini sedang membangun sekolah hijau (green school). Pembangunan green school ini merupakan upaya melahirkan budaya menanam pohon, mewujudkan rasa tanggung jawab terhadadap kelestarian alam serta menumbuh kembangkan rasa cinta lingungan hidup terhadap siswa dan warga sekitar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie, Idhami kepada Media Indonesia, Kamis (19/9) mengatakan, tahap awal pihaknya telah menyalurkan sekitar 500 bibit tanaman buah ke setiap sekolah tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pidie. Tanaman yang disalurkan tersebut di antaranya adalah bibit rambutan, mangga, durian dan lengkeng. Itu langkah awal untuk memotivasi pihak sekolah supaya lebih rajin menanam.

Lalu di pekarangan sekolah juga dianjurkan membuat taman bungan dan membangun apotik hidup (menanam tanaman obat). Di setiap sekolah harus diprakarsai oleh dewan guru guna memotovasi siswa rasa memiliki.

"Bukan saja rajin menanam, tapi harus pandai mengelola sampah atau barang bekas supaya tidak menjadi limbah berbahaya dan dapat mencegah bencana alam seperti banjir." ujar Idhami.

Dikatakan Idhami, pembangunan sekolah hijau ini bertumpu pada nilai luhur kemanusiaan, kesetia kawanan, kejujuran, keadilan dan keseimbangan alam. Ini penting guna mebiasakan anak-anak sejak usia dini. Manfaat langsung dirasakan mereka seperti hasil panen dari tanaman buah.

baca juga: Perajin Batik Seng Malang Miliki 18 HAKI

"Ini sebagaimana keinginan besar Bupati Pidie, Roni Ahmad. Harapannya semua pihak menjaga kelestarian alam. Lalu sebisa mungkin terbebas dari
penggunaan bahan kimia di lingkungan pertanian atau tanaman pangan" tambah Idhami, mengutip anjuran Bupati Roni Ahmad. (OL-3)

Baca Juga

Medcom.id

Kasus Positif Covid-19 di Karawang Nik Drastis

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 05:47 WIB
Kasus Covid-19 di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat selama beberapa hari terakhir ini mengalami peningkatan signifikan hingga mencapai...
ANTARA

Pendinginan Masih Dilakukan di Lokasi Karhutla Nagan Raya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 02:25 WIB
Kobaran api di lokasi kebakaran di Nagan Raya sudah bisa dipadamkan...
ANTARA

Longsor di Majene, 1 Orang Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Maret 2021, 00:55 WIB
Air yang datang dari atas gunung dan meluap ke selokan, kemudian air menggenangi pemukiman warga yang posisinya di atas tebing, kemudian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya