Selasa 27 Agustus 2019, 15:55 WIB

Merangin Masih Siaga Darurat Karhutla

Solmi | Nusantara
Merangin Masih Siaga Darurat Karhutla

ANTARA/Wahdi Septiawan
Helikopter Super Puma milik Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Forestry melakukan "water bombing" di Sumsel, Rabu (21/8).

 

MESKIPUN hujan sudah turun, Pemerintah Kabupaten Merangin, Jambi sampai, Selasa (27/8), masih menetapkan status siaga darurat terhadap ancaman bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Ini sebagai langkah antisipatif, kita ingin masalah kerbakaran lahan atau hutan benar-benar pupus dari Merangin. Status siaga darurat ditetapkan semenjak 10 Juli lalu," kata Wakil Bupati Merangin Mashuri usai memeriksa kesiapan personel dan peralatan pemadam pada acara Gelar Pasukan dan Peralatan Karhutla di Halaman Kantor Bupati Merangin, Kota Bangko, Selasa (27/8).

Menurut Mashuri, selain berharap pertolongan alam, berupa hujan, pihaknya juga mengantisipasi dampak bencana Karhutla. Untuk itu perlu dilakukan upaya-upaya yang bersifat cepat, tepat, terpadu dan sesuai dengan standar operasional di lapangan.

Baca juga: Hujan Semalaman Bantu Padamkan Karhutla Riau

Langkah-langkah yang masih terus dilakukan, beber Wabup, antara lain berupa pemantauan rutin ke daerah rawan terbakar. Hal ini termasuk aksi sosialisasi secara luas kepada masyarakat di sekitar hutan.

"Kita juga masih mengaktifkan posko Crisis Center, membuka Posko Lapangan, menyiagakan Tim Reaksi Cepat dan mengambil langkah-langkah cepat untuk pengendalian di lapangan," kata Mashuri. (A-4)

Baca Juga

Ist/PLN Babel

HUT ke-77 RI, PLN Babel Terangi Masyarakat dan Wisata Pantai Tambak Sukamandi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:26 WIB
Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada PT. PLN yang menyediakan jaringan listrik di salah satu...
dok.ist

Aksi Petugas Amankan 212 Calon PMI di Sumut hingga 4 Hari Dikritisi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 08:18 WIB
SEBANYAK 212 orang calon pekerja migran Indonesia (PMI) diamankan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. Mereka rencananya akan ke...
Antara

Kalbe Farma Rangkul Petani Baduy Tanam Jahe Merah

👤Sumantri 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 07:50 WIB
Jahe Merah merupakan obat herbal yang mampu menangkal berbagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya