Jumat 09 Agustus 2019, 19:15 WIB

Tim Satgas Berjibaku Padamkan Kebakaran Gambut Muarojambi

Solmi | Nusantara
Tim Satgas Berjibaku Padamkan Kebakaran Gambut Muarojambi

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Kebakaran lahan gambut Muarojambi.

 

TIM Satgas Karhutla masih bekerja keras melakukan pemadaman total kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kumpehulu, Kabupaten Muarojambi, yang terbakar semenjak Sabtu dua pekan lalu.

Pemadaman melibatkan unsur TNI, Polri, anggota BBPD, Manggala Agni dan masyarakat relawan. Sejak Jumat (9/8) pagi, tim terus menggempur puluhan hektare lahan gambut yang terbakar baik melalui darat maupun penyiraman dari udara dengan pesawat heli (water bombing).

Menurut Kepala BBPD (Badan Peanggulangan Bencana Daerah) Muarojambi, Muhammad Zakir, lokasi kebakaran berada di dua lokasi dalam Desa Sipin Teluk Duren. Luasnya sekitar 36 hektare, merupakan areal perkebunan sawit, kebun nanas dan tanah kosong milik masyarakat.

Baca juga: Kebakaran Gambut di Muarojambi Padam

Dikatakan Zakir, untuk pemadaman permukaan sebetulnya sudah berhasil. Namun, di beberapa titik lokasi masih mengepulkan asap. Diduga berasal dari bara api di bawah lahan gambut yang kedalamannya mencapai tiga meter.

"Tim masih melakukan pemadaman sampai ke bawah permukaan. Tidak mudah, selain keterbatasan air, gambutnya cukup dalam. Tim akan terus berjuang keras, sampai kebakaran benar-benar padam total," kata Zakir kepada Media Indonesia, Jumat (9/8).

Hal senada juga diakui Kepala Kepolisian Resort Muarojambi AKBP Mardiono, untuk memadamkan total, lapisan bawah gambut semuanya harus dibasahi air.

"Kendala utamanya ya itu, air sulit dan gambutnya dalam. Kalau soal semangat tim, tetap tinggi," kata Mardiono.(OL-50

 

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya