Minggu 27 Januari 2019, 11:07 WIB

Di Pesawat, Wapres Terima Paparan Kepala BNPB

Dero Iqbal Mahendra | Nusantara
Di Pesawat, Wapres Terima Paparan Kepala BNPB

Dok. Setwapres

 

DALAM penerbangan menuju Makasar, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menerima laporan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bebencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo tentang kondisi terakhir dampak bencana banjir yang melanda Sulawesi Selatan, Minggu (27/1).

"Berawal dari curah hujan ekstrem melanda wilayah Sulawesi Selatan yang menyebabkan peningkatan debit sungai dan Waduk Bili-Bili sehingga banjir dan longsor terjadi di daerah-daerah perbukitan," papar Doni kepada Wapres dalam siaran pers Wakil Presdien.

Dalam catatan BNPB, dalam 2 hari terakhir ini, hujan berkurang dan debit air menurun,

Baca juga: Wapres akan Tinjau Lokasi Banjir Sulsel

Tinggi muka air Waduk Bili-Bili 99,43 meter. Volume waduk sekitar 258.28 juta meter kubik dan inflow sekitar 144.99 meter kubik per detik serta outflow sekitar 145.00 meter kubik per detik.

"Pemerintah melalui BNPB memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp1,15 Milyar untuk operasi darurat penangan banjir dan longsor. BPBD Provinsi Daerah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas, TAGANA, SKPD dan Relawan telah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan logistik kepada korban yang selamat," terang Doni.

Data sementara kerusakan akibat banjir dan longsor tercatat meninggal 68 orang, mengungsi 6.757 orang, jembatan rusak 25 jembatan dan sawah terendam 11.508 hektar serta rumah rusak 4.787 unit. (OL-2)

Baca Juga

MI/Hijrah Ibrahim

835 Personel Polisi Amankan Pilkada Maluku Utara

👤Hijrah Ibrahim 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:13 WIB
Sebanyak 835 personel Kepolisian Daerah Maluku Utara diperbantukan ke 8 kabupaten Kota diprovinsi Maluku Utara untuk pengamanan TPS....
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bandung Risiko Tinggi, Warga Dilarang Keluar Masuk Kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 05:53 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta warga mengurangi mobilitas dengan tidak keluar maupun masuk ke wilayah Kota Bandung karena Bandung...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pencarian Prajurit TNI Hilang di Mimika Terus Berlanjut

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 04 Desember 2020, 05:50 WIB
Keberadaan  Prada Hengky Sumarlin Zai masih misterius. HIngga hari ke-17 prajurit TNI yang sedang patroli di sungai belum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya