Rabu 28 Desember 2022, 22:11 WIB

BPBD: Cuaca Jakarta Masih Aman, TMC Melihat Kondisi

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
BPBD: Cuaca Jakarta Masih Aman, TMC Melihat Kondisi

Dok. MI
Potret awan gelap menyelimuti langit Jakarta.

 

MESKI terdapat prakiraan cuaca ekstrem akan melanda wilayah Ibu Kota, namun Pemprov DKI Jakarta menilai kondisi cuaca hingga saat ini masih tergolong stabil, belum termasuk kategori ekstrem.

"Cuaca Jakarta masih terkendali," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Isnawa Adji, Rabu (28/12).

Kendati demikian, pihaknya terus memonitor perkembangan cuaca yang diprediksi ekstrem hingga akhir bulan ini. Adapun beberapa daerah di sekitar DKI Jakarta diterjang hujan lebat disertai angin.

Baca juga: BMKG: Sejumlah Wilayah Waspadai Cuaca Ekstrem Dua Hari Mendatang

"Memang sekarang di Tangerang Selatan sudah mulai anginnya kencang. Tapi, kita harus monitor Jakarta," imbuhnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatoligi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa lima provinsi masuk kategori siaga. Rinciannya, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Papua. Sementara itu, Jakarta tidak masuk wilayah berstatus siaga.

Atas dasar tersebut, BPBD DKI bisa melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dengan menyemai garam di awan. Dalam hal ini, jika cuaca semakin buruk. Upaya itu dengan menggandeng BRIN, BNPB dan BMKG.

Baca juga: BNPB Minta Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Cuaca Ekstrem

"Persemaian garam di Jakarta nanti sifatnya fleksibel. TMC bisa dilakukan, kalau analisis cuacanya semakin ekstrem. Tapi kalau aman-aman saja, jangan melakukan TMC," jelas Isnawa.

Menurutnya, TMC hanya akan efektif dilakukan mulai pagi hari hingga sekitar pukul 17.00 WIB. Hasilnya akan terlihat dalam 4-15 jam setelahnya.

BNPB sudah menyiapkan TMC dibantu oleh TNI AU, BRIN dan BMKG. Adapun jumlah garam yang ditabur akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kesiapan pesawat yang bisa melintas di Jakarta.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Kompolnas Minta Klarifikasi Polisi soal Penersangkaan Mahasiswa UI

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:34 WIB
Perkara itu dihentikan karena Hasya, yang juga korban dalam kecelakaan itu, meninggal dunia. Kecelakaan tersebut diketahui melibatkan...
DOK.MI

Mahasiswa Korban Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka, IPW: Menyakiti Masyarakat

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:52 WIB
IPW meminta Polri untuk tidak menyakiti perasaan masyarakat. Penetapan tersangka itu, walaupun kasusnya dihentikan, telah menyakitkan...
DOK MI.

Kecewa Penetapan Hasya Tersangka, Orangtua: Ayo Buktikan ke Pengadilan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:18 WIB
Kala itu Hasya hendak pergi ke indekos salah satu temannya. Dalam perjalanan, tiba-tiba sepeda motor di depannya melaju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya