Jumat 28 Oktober 2022, 21:57 WIB

Bahas RAPBD 2023, Ketua DPRD DKI Minta Macet dan Banjir Jadi Prioritas

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bahas RAPBD 2023, Ketua DPRD DKI Minta Macet dan Banjir Jadi Prioritas

ANTARA
ilustrasi: Kawasan langganan banjir harus mewaspadai potensi hujan deras hari ini.

 

DPRD DKI Jakarta akan segera melakukan pembahasan Rancangan APBD DKI Jakarta 2023. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pun meminta anggota DPRD untuk memperhatikan pos-pos anggaran terutama yang berkaitan dengan kemacetan dan penanganan banjir. 

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah mengajukan Rancangan Kebijakan Umum APBD 2023 senilai Rp85,5 triliun. Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memiliki sejumlah prioritas anggaran termasuk yang berkaitan dengan penanganan banjir dan kemacetan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. 

Baca juga: Pasangan Pelaku Diduga Kubur Bayi di Ciracas Diringkus

"Kepada jajaran DPRD DKI Jakarta saya telah mengingatkan bahwa setiap anggaran kegiatan pemerintah di tahun depan harus fokus menuntaskan dua masalah besar Jakarta, yakni banjir dan kemacetan. Kemudian pemulihan ekonomi serta antisipasi menghadapi resesi. Tidak ada lagi program kerja khayalan," ujar Prasetio dalam unggahan di akun Instagram, Jumat (28/10). 

 

Di sisi lain, ia optimistis melihat Rancangan APBD 2023 yang diajukan Pj Gubernur Heru Budi. 

 

"Optimistis Jakarta Makin Baik. Saya merasakan getaran optimisme dari rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2023 yang dipaparkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov DKI Jakarta kemarin sore," ungkapnya. 

 

Secara garis besar terjadi peningkatan sejumlah proyeksi pendapatan, sehingga besaran kebijakan umum APBD tahun 2023 yang diusulkan kepada Badan Anggaran DPRD DKI mencapai Rp85,5 triliun.

 

Sementara itu, rincian postur APBD DKI 2023 Rp85,57 triliun terdiri dari pendapatan daerah senilai Rp77,44 triliun dan penerimaan pembiayaan Rp8,12 triliun. Kemudian pengeluaran pembiayaan daerah senilai Rp8,19 triliun. 

 

Diketahui, postur APBD 2022 yakni Rp82,7 triliun dengan rincian pendapatan daerah Rp77,4 triliun. Dari segi pembiayaan daerah, penerimaan pembiayaan dianggarkan Rp5 triliun, termasuk di dalamnya sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) tahun 2021 Rp4 triliun. (Put)

Baca Juga

MI/Sumantri-HO

Pemkab Tangerang Kirim logistik dan Relawan Bantu Korban Gempa Cianjur

👤Sumantri 🕔Sabtu 26 November 2022, 17:01 WIB
UNTUK meringankan beban korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jabar, Pemkab Tangerang mengirimkan bantuan logistik dan relawan ke...
Ist

Jelang Liburan Akhir Tahun, Timezone Hadirkan Permainan Hologate VR

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 16:16 WIB
Hologate sendiri merupakan mesin permainan VR terbaru yang memungkinkan pemain seolah berada di medan perang sesungguhnya ketika masuk ke...
ANTARA

10 ribu Lansia di Jakarta Sudah Dapat Vaksinasi Booster ke-2

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 14:05 WIB
Vaksinasi booster dosis kedua khusus lansia dan tenaga kesehatan ini sudah dimulai beberapa waktu lalu dan tersedia di seluruh fasilitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya