Selasa 27 September 2022, 18:43 WIB

Tol Serbaraja Diresmikan, Akses Jakarta-BSD City semakin Lancar

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Tol Serbaraja Diresmikan, Akses Jakarta-BSD City semakin Lancar

DOK Sinar Mas Land.
Infrastruktur konektivitas berupa jalan bebas hambatan berbayar ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).  

 

USAI peresmian Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) seksi 1A oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (20/9) kini jalan tol tersebut sudah dapat digunakan oleh masyarakat umum dari Jakarta menuju BSD City atau sebaliknya. Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk sebagai pemegang saham utama PT Trans Bumi Serbaraja merampungkan pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A sepanjang 4 km. 

Tol itu menghubungkan ujung jalan tol eksisting (Ulujami-Pondok Area-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi Aeon Mall) dan terkoneksi langsung dengan kawasan TOD Intermoda BSD City. Infrastruktur konektivitas berupa jalan bebas hambatan berbayar ini masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).  

Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja yang juga menjabat sebagai Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk Siswanto Adisaputro mengatakan setelah memperoleh Sertifikat Laik Operasi (SLO), diterbitkannya SK Operasi, hingga akhirnya diresmikan oleh Presiden, Tol Serbaraja Seksi 1A bisa dioperasikan untuk dilalui oleh masyarakat umum dan segera diberlakuan tarif sesuai dengan Surat Keputusan (SK) tarif yang dikeluarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kini masyarakat punya pilihan akses jalan baru untuk mobilisasi mereka. Selain itu, pembukaan tol ini dapat mempercepat mobilitas barang dan jasa sehingga kami mengharapkan ekonomi bisa semakin baik serta terus meningkat ke depan."  

Pembangunan Tol Serbaraja seksi 1A merupakan bagian pertama yang rampung dibangun dan akan segera beroperasi. Nanti tol Serbaraja memiliki total keseluruhan panjang 40 km yang terbagi dalam tiga tahap yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km). 

Tol Serpong-Balaraja akan meringankan beban kendaraan yang selama ini ditanggung oleh sejumlah jalan di kawasan Tangerang Raya, Banten. Tol ini akan terkoneksi dengan tol Jakarta-Serpong, tol Jakarta-Merak, JORR, dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. PT Trans Bumi Serbaraja berkomitmen untuk memenuhi seluruh Standar Pelayanan Minimum (SPM) bagi pengguna jalan Tol Serbaraja seksi 1A.  

Dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol, PT Trans Bumi Serbaraja menyediakan berbagai layanan di sepanjang ruas jalan tol yang dikelolanya. Layanan tersebut di antaranya kontrol selama 24 jam baik melalui CCTV maupun petugas yang melakukan patroli sesuai dengan standar jalan tol yang berlaku. Selain itu, layanan lalu lintas jalan tol ini dilengkapi dengan kendaraan derek, ambulans, rescue, dan patroli jalan raya (PJR). (RO/OL-14)     

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Tiang Pantograf Roboh Timpa KRL hingga Anjlok di Kampung Bandan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:10 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Sabtu (26/11) siang hingga sore ini membuat sebuah tiang pantograf roboh menimpa...
DOK.MI

Belasan Kontrakan Luluh Lantak Dihantam Puting Beliung di Jelambar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:55 WIB
Hingga kini, tercatat 26 kepala keluarga (KK) atau 68 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kejadian...
MI/RAMDANI

Jakarta Kembangkan Potensi Ekonomi Kreatif Digital

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:22 WIB
Andhika mengungkapkan, telah menyiapkan rancangan besar grand desain pengembangan ekonomi kreatif di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya