Senin 22 Agustus 2022, 20:59 WIB

Menikmati Budaya Betawi di Festival Jalan Daud

Thania Astavarie | Megapolitan
Menikmati Budaya Betawi di Festival Jalan Daud

MI/THANIA ASTAVARIE
Pserat mengikuti senam sehat dalam Festival Jalan Daud

 

Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, Festival Jalan Daud kembali digelar Minggu (21/8/2022). Festival yang dilaksanakan di Jalan Daud, Rawa Belong, Jakarta Barat tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia.

Sejak pagi warga terlihat antusias untuk menghadiri dan menyaksikan festival yang digagas oleh RW 08 Kelurahan Sukabumi Utara, Jakarta Barat tersebut. Beragam kegiatan seperti jalan sehat, festival kuliner, dan bazar Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), hingga lomba menghias nasi tumpeng berlangsung meriah dan menarik perhatian warga.

Berbagai kuliner khas Betawi seperti dodol, wajik, dan kerak telor, banyak dijajakan oleh peserta UMKM yang mengikuti festival tersebut. 

“Harusnya ini adalah festival ke-5, namun karena terhalang pandemi, ini menjadi festival yang ke-3. Meski sempat tertunda, tak disangka-sangka ternyata antusiasme warga sangat tinggi. Maka itu RW berkolaborasi dengan pihak-pihak yang ada di wilayah sekitar baik RT, Ibu-ibu PKK, Dasa Wisma, dan Karang Taruna berupaya untuk meningkatkan kualitas festival kali ini dalam memeriahkan HUT RI,” kata Ketua RW. 08, H. Ubaidillah

Baca juga: Hadiri Festival 1.000 Kebaya, Ganjar Ajak Masyarakat Pakai Baju Adat Tiap Kamis

Festival yang mengangkat tema Membangun Solidaritas Antarwarga ini dibuka oleh Sekko Jakarta Barat, Iin Mutmainah, dan dihadiri oleh Camat Kebon Jeruk, Saumun S.Sos, Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi A, Drs. H. Nasrullah, ME., dan lurah Sukabumi Utara, Dian Rahadian.

“Setelah dua tahun tidak ada festival akibat pandemi, akhirnya kita bisa melaksanakan kegiatan ini lagi. Artinya, dengan adanya festival ini, kita berharap untuk dapat pulih lebih cepat, serta bangkit lebih kuat dari sebelumnya,” ujar Nasrullah.

Baca juga: Festival Kuliner Nusantara 2022 Bangkitkan UMKM Kuliner Nasional

Selain untuk memperingati HUT ke-77 kemerdekaan RI, festival yang diikuti hingga 1000 peserta yang berasal dari beberapa tempat di Jakarta ini juga bertujuan untuk mengenalkan budaya Betawi ke masyarakat luas.  Apalagi kebudayaan Betawi seperti kesenian dan kulinernya sangat erat dengan wilayah Rawa Belong.

“Harapannya, festival ini dapat memperkenalkan budaya Betawi ke generasi muda melalui kesenian tradisional dan kuliner khas Betawi,” tutup Ketua pelaksana Festival Jalan Daud, Muhammad. (X-10)

Baca Juga

Mi/Kisar Rakagukguk

Kajati Jabar Resmikan Galeri Mobil dan Motor Hasil Kejahatan di Depok

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:45 WIB
KEPALA Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Asep Nanang Mulyana meresmikan galeri untuk memamerkan mobil maupun motor rampasan di Kota Depok untuk...
DOK MI

Aksi Heroik Pegawai Minimarket Di Tangsel Gagalkan Perampokan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:40 WIB
UPAYA perampokan terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Puspitek, RT 15 RW04, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin...
MI/Syarief Oebaidillah

Musholla di Pamulang Ini Komitmen Lanjutkan Tradisi Berbagai Bersama Penyandang Disabilitas dan Yatim

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:38 WIB
Belum lama ini sekitar 55 penyandang disabilitas tunanetra dan 25 yatim piatu mendapat santunan 80 paket sembako dan uang tunai dari tokoh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya