Jumat 14 Januari 2022, 19:25 WIB

PKS: Kenaikan Tarif KRL bakal Tambah Beban Rakyat

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
PKS: Kenaikan Tarif KRL bakal Tambah Beban Rakyat

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Penumpang bersiap menaiki KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta.

 

ANGGOTA Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Toriq Hidayat berpendapat, wacana kenaikan tarif dasar KRL Commuter Line akan dikeluhkan masyarakat karena menambah pengeluaran.

Pasalnya, saat ini harga kebutuhan pokok juga naik, minyak goreng misalnya. Rencana kenaikan tarif kereta menjadi Rp5 ribu pun dianggap semakin memberatkan beban yang ditanggung rakyat.

“Pandemi belumlah usai, bahkan ada varian baru covid-19. Seharusnya pemerintah menambah subsidi atas moda transportasi umum ini, daripada berwacana untuk menaikan tarif,” kata Toriq dalam rilis resmi, Jumat (14/1).

Baca juga: Petugas Damkar Evakuasi Buaya Peliharaan Warga di Jakarta Timur

Anggota Komisi V ini meyebutkan sepanjang tahun lalu terjadi penurunan pengguna KAI Commuter line. Untuk wilayah Jabodetabek turun sebanyak 19,6% dibanding jumlah pengguna KRL Jabodetabek sepanjang 2020 karena adanya PPKM.

“Akibat pandemi, hampir 20 % jumlah pengguna KAI Commuter line Jabodetabek turun di 2021," jelasnya.

Selain itu, usulan kenaikan tarif ini dituding bertolak belakang dengan semangat pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum massal perkotaan.

“Kenaikan tarif berpotensi melemahkan semangat masyarakat menggunakan moda transportasi umum masal. Ini tidak sesuai dengan kampanye pemerintah terkait peningkatan kesadaran penggunaan angkutan umum massal," sebutnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN

Kasus Covid Makin Naik, YLKI Desak PTM 100% Ditunda

👤Hilda Julaika 🕔Senin 24 Januari 2022, 09:33 WIB
"Kasus aktif di Indonesia terus meningkat secara meyakinkan, khususnya di Jakarta. Sebaiknya pemerintah merevisi pelaksanaan PTM...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

Gerai Pangan Perumda Pasar Jaya Sediakan Minyak Goreng Rp14 Ribu per Liter

👤Hilda Julaika 🕔Senin 24 Januari 2022, 08:29 WIB
"Untuk mencegah adanya panic buying, kita lakukan pembatasan penjualan satu konsumen maksimal mendapatkan dua liter minyak goreng...
dok.ant

BMKG: Jaktim dan Jaksel Hujan Disertai Petir Sore Ini

👤Muhammad Fauzi 🕔Senin 24 Januari 2022, 05:45 WIB
BMKG memprakirakan sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan, Senin hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya