Rabu 15 Desember 2021, 14:16 WIB

Tangsel Gelar Vaksinasi Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Syarief Oebaidillah | Megapolitan
Tangsel Gelar Vaksinasi Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

ANTARA/RAISAN AL FARISI.
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19 pada seorang anak di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Jawa Barat, Jumat (20/8/2021).

 

PEMERINTAH Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel), Banten, melalui Dinas Kesehatan Kota Tangsel mulai melakukan vaksinasi bagi  anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi digelar di 10 titik diikuti  2.700 siswa. 

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan mengutarakan bahwa vaksinasi  siswa dengan sasaran siswa SMP dan SMA telah berjalan baik sekitar 87 persen siswa sudah tervaksin. 

Baca juga: Teken MoU, Indonesia-AS Perkuat Kerja Sama Bidang Pendidikan

"Nah,sekarang giliran anak anak kita usia 6-11 tahun khususnya  siswa jenjang  SD kita lakukan vaksinasi", kata Pilar pada gelaran vaksinasi di SDN 03 Rawa Buntu, Tangsel.

Dikatakan program vaksin ini harus dipenuhi seluruh siswa sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19. 

Pilar menyatakan Pemkot Tangsel berupaya  memberi pelayanan kesehatan menjadi prioritas bagi masyarakat Tangsel. Sehingga pelayanan vaksinasi  menjadi salah satu sub sektor yang ikut dimaksimalkan. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono menjelaskan  pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan secara resmi di SDN 03 Rawa Buntu. Dengan menghadirkan beberapa elemen pemangku kepentingan. 

Pelaksanaan vaksinasi ini tidak hanya siswa SDN 03 saja yang mendapatkan fasilitas ini, melainkan beberapa siswa SD atau Madrasah lain juga ikut hadir untuk menerima vaksin ini. "Jumlahnya ada 500 untuk di SDN 03 Rawa Buntu ini," ujar Taryono. 

Namun untuk ke 10 titik, seperti di Ciater 1, Ciater 2, Kranggan, Stella Maris dan lainnya keseluruhan siswa yang divaksin sebanyak 2.700. 

"Alhamdulillah, antusias siswa ikut vaksin bagus, ini terlihat dalam pembukaan kick off di SDN Rawabuntu 3. Kegiatan ini harus terus diinformasikan kepada siswa lain agar capaian vaksinasi di Tangsel dapat memenuhi target," ungkapnya. 

Nantinya, usai dilakukan di SDN 03 Rawabuntu ini, Taryono menambahkan vaksinasi akan dilakukan di setiap sekolah. Dengan kelengkapan nakes atau tenaga kesehatan dari puskesmas setempat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel dr. Alin  mengutarakan  jenis vaksin yang diberikan  vaksin Sinovac dengan jumlah penerima sebanyak 131.877 siswa. Dimana siswa tersebut berasal dari 324 Sekolah Dasar  negeri dan swasta serta 88 Madrasah Ibtidaiyah. 

Target vaksinasi sendiri ditetapkan pada akhir Desember ini. "Namun kita belum tahu apakah bisa tercapai atau tidak karena ada sebagian siswa yang baru saja melakukan Vaksin Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias) Sehingga harus menunggu sampai satu bulan baru bisa vaksin covid," ujar Alin yang menyimpulkan bahwa vaksinasi Covid-19 terhadap anak 6-11 tahun ini bisa tercapai 100 persen paling tidak di bulan Januari 2022. 

Sementara itu Deputi Kepala BKKBN Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Dwi Listyawardani memberi dukungan penuh agar program ini bisa berjalan lancar dan upaya pencegahan penularan Covid-19 berjalan baik. 

"Kami yakin, Tangsel bisa mencapai target realisasi vaksinasi untuk pelajar maupun  warga keseluruhan," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Penggantian Nama Jalan di DKI Tuai Protes, Kemendagri: Kami Bahas Internal Dulu

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:07 WIB
Sejauh ini, Kemendagri belum berencana memanggil Gubernur Anies Baswedan terkait protes warga terhadap kebijakan penggantian nama jalan di...
DOK MI.

Melawan Saat Ponsel Dicuri, Perempuan di Tangsel Tewas Ditusuk

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:18 WIB
AJL dikenakan Pasal 338 KUHP dan Pasal 365 KUHP tentang pembunuhan dan pencurian dengan kekerasan dengan ancaman paling lama 15 tahun...
MGN/Dody Soebagio

Dukcapil Jemput Bola Ubah KTP Warga Terdampak Perubahan Nama Jalan

👤Dody Soebagio (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) 🕔Rabu 29 Juni 2022, 14:56 WIB
DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mendatangi warga di kawasan Warung Buncit, Pancoran, untuk mempercepat proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya