Selasa 23 November 2021, 19:21 WIB

Hadapi Peretasan, Pemkot Tangsel Bentuk CSRIT

Syarief Oebaidillah | Megapolitan
Hadapi Peretasan, Pemkot Tangsel Bentuk CSRIT

DOK Pemkot Tangsel
Peresmian pembentukan CSIRT oleh Pemkot Tangsel, Banten.

 

MENGHADAPI makin tingginya penyerangan atau peretasan situs resmi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, pemerintah setempat membentuk Computer Security Insident, Response Team (CSIRT), Senin (22/11). CSIRT Tangsel merupakan tim yang diresmikan kedua di seluruh Indonesia dan yang pertama di Banten.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengutarakan tim ini akan bertanggung jawab melakukan pengaman pada data-data bersifat digital. Saat ini banyak sekali data digital yang disimpan oleh pemerintah.

"Tangsel memiliki bank data yang sangat besar dan semuanya penting, karena itu kami membutuhkan tim yang fokus terhadap pengamanan data digital, nah melalui CSIRT ini, diketuai oleh Kadis Kominfo Fuad," ujar Benyamin.

Dikatakan pengamanan saat ini  tidak bisa dilakukan di lingkungan masyarakat saja, melainkan di dunia digital. Apalagi berkas yang biasanya disimpan dalam bentuk digital keberadaannya lebih penting dari dokumen manapun.

Kepala Dinas Kominfo Pemkot Tangsel  Fuad mengutarakan dalam satu bulan situs resmi Pemkot Tangsel peretasan ratusan kali. Fuad menyatakan CSIRT merupakan tim yang sangat dibutuhkan guna pencegahan peretasan di lingkungan Pemkot Tangsel.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati memberi apresiasi apa yang dilakukan Pemkot Tangsel dengan membentuk Tim CSIRT ini. Ia berharap seluruh kabupaten dan kota lain di Banten, dapat melakukan hal sama seperti Kota Tangsel.

"Terakhir yang kami ketahui, Kabupaten Tangerang juga sedang melakukan persiapan untuk melaunching hal yang sama. Karena itu, kepada Tangsel kami memberikan apresiasi," kata Eneng.

Sedangkan Direktur Keamanan Cyber pada Badan Cyber dan Sandi Negara Hasto, mengutarakan dokumen digital sama pentingnya dengan dokumen fisik. "Karena itu diperlukan perlindungan khusus yang  bisa dilakukan oleh CSIRT ini. Kami apresiasi keberadaan CSIRT Tangsel,  pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

Ist/Ilustrasi

Biadab, Pria di Cengkareng Cabuli Keponakan Sendiri

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 10:16 WIB
Ada dua lelaki lain yang merupakan rekan kerja dari orang tua korban yang ikut dalam aksi bejat tersebut secara bergantian pada waktu...
dok.Ant

Harga Migor Curah di Kota Depok kembali Menggila

👤Kisar Rajagukguk 🕔Rabu 18 Mei 2022, 09:35 WIB
HARGA minyak goreng (migor) curah yang dibungkus plastik bening di tingkat pedagang di sejumlah pasar tradisional Kota Depok, mencapai Rp21...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jaksel dan Jaktim Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 18 Mei 2022, 09:15 WIB
Menjelang sore hari, BMKG memperingatkan kemungkinan terjadinya hujan yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Timur dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya