Minggu 07 November 2021, 20:25 WIB

Banjir Rob di Jakarta Utara Tak Surut, Wagub DKI: Mohon Bersabar

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Banjir Rob di Jakarta Utara Tak Surut, Wagub DKI: Mohon Bersabar

ANTARA
Banjir rob

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya terus berupaya mengendalikan banjir rob yang menggenangi Jalan RE Martadinata Ancol Jakarta Utara, sejak Kamis 4 November 2021. Ia mengatakan pemerintah telah melakukan sejumlah upaya, seperti pembuatan tanggul di sekitar pantai.

Ia mengatakan untuk membuat tanggul tersebut membutuhkan waktu. Ia meminta masyarakat untuk bersabar adanya banjir rob tersebut.

"Jadi memang perlu waktu sekali lagi mohon bersabar, semua prinsipnya kami pemerintah daerah didukung oleh pemerintah pusat berupaya sebaik mungkin untuk dapat mencegah, mengendalikan banjir," kata Riza di Jakarta, Minggu (7/11).

Riza mengatakan Jalan RE Martadinata memang menjadi titik terendah di Ibu Kota. Sehingga, kata ia, banjir tak dapat dielakkan, terlebih ketika hujan dengan intensitas tinggi. Maka dari itu, Riza mengatakan pihaknya telah mengerahkan semua pompa untuk menyedot banjir tersebut.

"Ada beberapa titik yang cukup rendah. Peluru waktu untuk memindahkan air melalui pompa menggunakan alat yang ada. Semua pompa kami kerahkan karena intensitas hujan yang tinggi," katanya.

Lebih lanjut, Riza meminta dukungan agar Ibu Kota dapat terbebas dari musibah banjir. Ia mengatakan sejauh ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah banjir, seperti grebek lumpur di kali, waduk, dan situ. Kemudian pemerintah juga telah membangun sejumlah sumur resapan.

Di samping upaya itu, Riza mengatakan dukungan masyarakat yang terpenting dalam mencegah banjir. Masyarakat juga diminta turut serta mencegah banjir dengan menjaga lingkungan sekitar.

"Alhamdulillah program terkait banjir sudah dilaksanakan, seperti grebek lumpur, pembangunan waduk, situ, embung, normalisasi, dan pengerukan, terus dilakukan. Namun, yang paling penting dukungan dari masyarakat agar kita bisa terbebas dari potensi banjir akibat intensitas hujan," kata Riza.

Diketahui, sejumlah titik di DKI Jakarta tergenang air dari 40 hingga 150 cm imbas tingginya intensitas hujan pada hari ini, Minggu (7/11). Berdasarkan Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Minggu (7/11) pukul 15.00 WIB, terdapat 21 RT yang tergenang, yakni 13 RT di wilayah Jakarta Utara dan 8 RT di Jakarta Selatan. (OL-15)

Baca Juga

Ist/ilustrasi

Sadis, Suami Bekap Istri Hingga Tewas di Duren Sawit, Jakarta Timur

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 11:48 WIB
Pria paruh baya berinisial W membunuh istrinya itu di rumah kontrakan yang berada di Jalan Pondok Kelapa Selatan, Duren Sawit, Jakarta...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Wagub DKI Jakarta: Ada 7.890 Lowongan Kerja di Jaknaker

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 10:36 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada 7.890 lowongan pekerjaan yang dapat diakses melalui fitur...
Ant/Fauzan

Hujan Deras Landa Tangerang Sedikitnya 500 Rumah Kebanjiran

👤Sumantri Handoyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:46 WIB
HUJAN deras yang melanda kabupaten dan Kota Tangerang Rabu malam hingga Kamis dini hari (19-20/1), mengakibatkan ratusan rumah tergenang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya