Jumat 05 November 2021, 08:14 WIB

Rachel Venya Siap Diperiksa Sebagai Tersangka

Hilda Julaika | Megapolitan
Rachel Venya Siap Diperiksa Sebagai Tersangka

ANTARA/Reno Esnir
Selebgram Rachel Vennya (kiri) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/10).

 

SELEBGRAM Rachel Venya telah ditetapkan sebagai tersangka karena kabur dari karantina usai kembali ke Indonesia dari Amerika Serikat (AS). Kuasa hukum Rachel, Indra Raharja, mengatakan kliennya siap menjalani proses hukum selanjutnya.

"Siap dong. Kan dia sudah sampaikan dia siap menjalani proses ini," kata Indra saat dikonfirmasi, Jumat (5/11).

Ia membenarkan kabar rencana pemeriksaan Rachel pada Senin (8/11). Kendati demikian, pihaknya mengakui Rachel belum mendapatkan surat panggilan pemeriksaan dari penyidik. Sehingga, mereka masih menunggu surat resmi tersebut berkaitan dengan menjalankan proses hukum selanjutnya.

"Iya informasinya begitu (Senin pemeriksaan tersangka). Tapi kita belum dapat surat dari penyidik," jelasnya.

Baca juga: Senin, Rachel Vennya Diperiksa Sebagai Tersangka Kasus Kabur Karantina

Selain itu, kliennya juga siap bertanggung jawab atas perbuatannya yang dianggap melanggar prokes. Rachel juga menyesali perbuatannya dan meminta maaf kepada masyarakat. 

Dalam perkara ini, selain Rachel, Salim Nauderer, dan Maulida Khairunnisa, polisi juga menetapkan seorang petugas bandara Soekarno-Hatta berinisial OP sebagai tersangka.

"Intinya dia merasa menyesal atas perbuatannya dan meminta maaf juga. Tinggal tunggu lanjut proses berikutnya aja," terang Indra. 

Selebgram Rachel Venya resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus karantina. Hal ini menurut Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat dibuktikan dengan 4 alat bukti.

"Ya alat bukti pasti ada. Alat bukti ini terdiri dari 4. Di antaranya, keterangan saksi, keterangan ahli, bukti petunjuk, kemudian keterangan dokumen hampir semuanya terpenuhi sehingga kita tetapkan sebagai tersangka," katanya kepada wartawan, Rabu (3/11).

Lebih lanjut dijelaskan, keterangan dari saksi menunjukkan betul jika Rachel keluar dari karantina dan tidak menuntaskannya. Sementara itu, ada dari keterangan ahli dan ada dokumen yang diperoleh.

"Iya (kabur) artiannya prokesnya tidak dilaksanakan ya. Kan kita gunakan UU Wabah Penyakit," jelasnya.

Selebgram Rachel Venya resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus kabur dari karantina. Hal ini sebagai hasil dari gelar perkara yang telah dilakukan kepolisian.

"Hasil gelar menentukan empat orang tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Rabu (3/11).

Keempat orang itu terdiri dari Rachel, pacarnya Salim Nauderer, manajernya Maulida Khairunia, dan satu warga sipil yang membantunya. Namun, untuk warga sipil yang membantu Rachel dan telah ditetapkan jadi tersangka, Yusri menyatakan bukan berasal dari tenaga kesehatan. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI.

Terduga Penabrak Wartawan Elshinta Eddy Suroso Terindentifikasi

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 13:46 WIB
Rencananya, penyidik juga akan menjadwalkan pemeriksaan kepada pelapor dalam waktu dekat...
ANTARA/Muhammad Iqbal

Akibat Hujan Deras, Tujuh Titik di Tangsel Terkepung Banjir

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 11:16 WIB
Sejak Jumat malam (27/5) hujan deras mengguyur wilayah Tangerang Selatan ( Tangsel), Banten mengakibatkan sejumlah titik mengalami banjir...
MI/Saskia Anindya Putri

Dewan Transportasi Kota Jakarta Setuju Titik Gage DKI Diperluas

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 08:32 WIB
Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) menyampaikan lima rekomendasi terkait perluasan titik ganjil-genap (gage) di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya