Rabu 04 Agustus 2021, 10:35 WIB

Ikappi Sarankan Vaksinasi Pedagang Langsung di Pasar

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ikappi Sarankan Vaksinasi Pedagang Langsung di Pasar

MI/M Irfan
Vaksinasi pedagang petak enam glodok

 

IKATAN Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) beberapa hari terakhir keliling melakukan vaksinasi covid-19 di beberapa pasar DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur. Di Pasar Pramuka misalnya yang memiliki jumlah 400 pedagang lebih, cukup antusias ikut melakukan vaksinasi.

Kepala Bidang Infokom DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib mendorong agar vaksinasi dilakukan langsung di pasar.

"Sosialisasi terhadap vaksinasi sangat minim dilakukan di pasar, sehingga Ikappi mengambil peran untuk melakukan edukasi dan sosialisasi pedagang pasar di DKI Jakarta," kata Najib dalam keterangan resmi, Rabu (4/8).

Vaksinasi covid-19 juga harus terus didorong karena hoaks tentang vaksin dan covid-19 masih cukup kuat di pasar tradisional. Masih banyak pedagang yang enggan divaksin dan tidak percaya covid sehingga Ikappi mendorong agar terjun pemda langsung dan sosialiasasi secara intens kepada pedagang.

"Ikappi mendorong agar vaksinasi dilakukan di dalam pasar karena pedagang cukup sulit meninggalkan dagangannya walaupun sejam. Jika vaksinasi dilakukan di pasar maka antusiasme pedagang dan sosialisasi yang masif akan berhasil menyerap pedagang pasar dan pengunjung di pasar tersebut," jelasnya.

"Kita tahu kondisi ekonomi cukup sulit. Maka mendorong mereka untuk meninggalkan barang dagangan untuk ikut ke sentra-sentra vaksin yang jaraknya cukup jauh mereka tidak berkenan," lanjutnya.

Baca juga: Ikappi : Sosialisasi Vaksin di Pedagang Pasar Tradisional Minim

Solusi yang IKAPPI berikan ini terbukti ampuh. Hal ini terlihat dari vaksinasi covid-19 yang digelar oleh IKAPPI di beberapa pasar seperti Pasar Ciracas, Cibubur, Cijantung, Tanah Abang, Klender, dan beberapa pasar lain yang banyak diikuti oleh pedagang. Ini membuktikan bahwa solusi yang diharapkan pedagang adalah dengan metode langsung di pasar.

"Maka kepada pengurus pasar, Pemprov DKI dan juga pemerintah pusat diharapkan untuk menggunakan pola-pola yang telah kami lakukan ini agar dapat menyukseskan programgraam vaksinasi yang diarahkan oleh Presiden," ungkap dia.

PPKM yang berlanjut hingga 9 Agustus ini memaksa pedagang untuk melangsungkan kehidupan dengan kondisi tertatih-tatih. Maka Najib berharap semua pihak untuk ikut bergotong royong agar dapat menyukseskan program vaksinasi.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

PPKM Level 3, Kepadatan Lalu Lintas di Jakarta Meningkat

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 21 September 2021, 17:37 WIB
Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari pun mengakui bahwa volume lalu lintas di Jakarta makin...
Dok.MI

Kawasan Bintaro Disatroni Begal, Beraksi dengan Celurit dan Pisau

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 21 September 2021, 17:27 WIB
Dari enam pelaku, empat tersangka berinisial RDS (17 tahun), AFA (14 tahun), FGA dan CFR, (17 tahun) telah ditangkap,semuanya masih...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Diperiksa KPK, Ketua DPRD DKI Dicecar Soal Anggaran Tanah Munjul

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 21 September 2021, 16:16 WIB
Prasetyo mengatakan semua mekanisme penganggaran untuk kebutuhan pembangunan Pemprov DKI dibahas di dalam komisi di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Awas Banjir Mengancam Kota Jakarta

KEKHAWATIRAN selalu menyelimuti sebagian warga Provinsi DKI Jakarta jika musim hujan kembali datang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya