Minggu 20 Juni 2021, 10:09 WIB

Ini Daftar Zona Merah Tingkat RT di Jakarta

Kautsar Bobi | Megapolitan
Ini Daftar Zona Merah Tingkat RT di Jakarta

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi--Warga melintas didekat tulisan kawasan zona merah, Gang Usman Tepos di RT 004 RW 002 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jaksel

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membagi sejumlah daerah yang masuk wilayah pengendalian ketat (WPK) penyebaran covid-19. Tercatat sebanyak dua rukun tetangga (RT) di Ibu Kota dalam kategori zona merah.

Berdasarkan laman corona.jakarta.go.id, zona merah itu berada di RT 013 RW 9, Rawa Sari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Data tersebut telah diperbarui pada periode 14-20 Juni 2021.

"Jumlah kasus aktif sebanyak sembilan (orang) dan jumlah rumah dengan kasus aktif sebanyak tujuh (rumah)," tulis data di corona.jakarta.go.id yang dikutip, Minggu (20/6).

Baca juga: 3,3 Juta Warga di Jakarta Sudah Divaksin Dosis Pertama

Selain itu, sebanyak lima RT masuk zona orange dan sebanyak 400 RT masuk zona kuning.

Lalu, zona merah kedua berada di RT 06 RW 09, Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Di wilayah itu, kasus aktif covid-19 sebanyak 19 kasus di enam rumah.

Di wilayah tersebut, terdapat 11 RT masuk zona orange dan sebanyak 963 RT masuk zona kuning. Kondisi itu menyebabkan penyebaran kasus positif covid-19 di Ibu Kota melonjak tajam mencapai 4.895 pada Sabtu (19/6).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 39 Tahun 2021 tentang perpanjangan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro tingkat RT. Ingub tersebut diteken Anies pada 14 Juni 2021.

Pada diktum kesatu poin d, RT dengan kriteria zona merah yaitu jika terdapat kasus positif covid-19 di lima rumah, selama satu pekan. Jika RT berada di zona merah pengetatan aktivitas warga meliputi jam malam hingga pukul 20.00 WIB.

Kemudian melakukan upaya pengendalian covid-19 di RT di zona merah yaitu menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, melakukan isolasi mandiri atau terpusat dengan pengawasan.

Selanjutnya, membatasi kegiatan di rumah ibadah dengan protokol kesehatan, menutup tempat bermain anak dan tempat umum kecuali sektor esensial, dan melarang kerumunan lebih dari tiga orang. Serta meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Indrianto Eko

Diprediksi Bakal Tenggelam, PSI Minta DKI Fokus Atasi Kondisi Itu

👤Yakub Pryatama W 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:33 WIB
William menjelaskan Pemprov harus segera lakukan pipanisasi air bersih ke seluruh pelosok Jakarta tanpa terkecuali agar masyarakat tidak...
Dok: Pemkot Bekasi

SMA Negeri 15 Kota Bekasi Gelar Vaksinasi Massal

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:25 WIB
"Sebanyak 1.000 vaksin disiapkan oleh Kodim 0507/Bekasi. Sekitar 800 vaksin untuk siswa dan siswi, 200 vaksin untuk masyarakat...
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

440 ribu Pengusaha UKM di Jakarta Bakal Dapat Dana Banpres

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:15 WIB
Dana bantuan diberikan dengan besaran untuk masing-masing pelaku usaha mikro sebesar Rp1,2...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya