Kamis 10 Juni 2021, 21:07 WIB

Walkot Bekasi Keluarkan Intruksi Bersama Karantina Wilayah RT/RW

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Walkot Bekasi Keluarkan Intruksi Bersama Karantina Wilayah RT/RW

ANTARA/RISKY ADRIANTO
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi

 

WALI Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota dan Komandan Kodim 0507/Bekasi mengeluarkan surat instruksi bersama tentang pelaksanaan karantina wilayah RT/RW sebagai upaya pengendalian dan penanganan covid-19 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro (PPKM) di Kota Bekasi.

Kabag Humas Kota Bekasi Sajekti Rubiah mengatakan instruksi bersama tersebut menginstruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah, camat, lurah, kepala puskesmas, kapolsek, danramil, serta babinkamtibmas se-Kota Bekasi agar dapat menjalankan tugas sesuai dengan isi dari instruksi bersama.

"Intruksi bersama itu, yakni mengidentifikasi permasalahan dan peluang dalam penanganan laju penyebaran covid -19 di tingkat RT/RW pada PPKM mikro di wilayah Kota Bekasi," kata Sajekti, Kamis (10/6).

Kemudian, lanjutnya, melakukan kesiapan akan kebutuhan ketersediaan sarana prasarana kesehatan dan pemenuhan alat material kesehatan untuk mendukung pelaksanaan karantina wilayah tingkat RT/RW dalam penanganan virus korona.

Selanjutnya, melaksanakan karantina wilayah tingkat RT/RW dengan pembatasan terhadap aktifitas masyarakat, mulai 7-14 Juni 2021. Mengoptimalkan peran posko di wilayah tingkat RT/RW dalam penanganan covid -19 dengan mengintensifkan penegakan 5M.

"Yaitu menggunakan masker yang baik dan benar, mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak minimal satu meter, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, menugaskan aparatur atau relawan dalam melaksanakan pemantauan dan pengendalian sebagai upaya penanganan laju penyebaran covid -19 RT/RW di wilayah Kota Bekasi. "Memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku apabila terdapat pelanggaran karantina wilayah di tingkat  lingkungan."

Ia menambahkan, pelaksanaan karantina wilayah itu juga harus melaporkan hasil pengendalian dan penanganan pada pelaksanaan karantina wilayah terhadap PPKM mikro kepada Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid -19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi. (J-2)

Baca Juga

Antara

Hari Ini, Jakarta Sumbang 3.221 Kasus Baru Covid-19 

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 22 Juni 2021, 19:22 WIB
Hingga hari ini, jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 di Jakarta mencapai 482.264 orang. Lalu, 442.059 orang sudah dinyatakan...
MI/Andri Widiyanto

Jakarta Ikuti Arahan Pusat, Tidak Tarik Rem Darurat

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 22 Juni 2021, 17:05 WIB
Pembatasan-pembatasan yang akan dilakukan oleh Pemprov DKI, kata Ariza, akan sama seperti ketetapan yang diambil oleh pemerintah...
MI/Andri Widiyanto

Jumlah Penumpang KRL Semakin Menurun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 22 Juni 2021, 17:03 WIB
Pada Senin (21/6) hingga pukul 09.00 WIB pengguna di seluruh stasiun sebanyak 152.113 orang atau berkurang sekitar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya