Rabu 05 Mei 2021, 20:11 WIB

Wagub DKI Ingatkan Prokes Saat Berziarah ke Pemakaman

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wagub DKI Ingatkan Prokes Saat Berziarah ke Pemakaman

MI/Kristiadi
Ilustrasi kegiatan ziarah makam

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan saat pandemi covid-19. Berbagai aktivitas yang dilakukan harus tetap menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Hal ini juga masih harus ditambah dengan mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Begitu pula dengan kegiatan ziarah ke pemakaman yang biasanya dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ariza meminta warga yang berziarah menaati protokol kesehatan.

"Memang kami sudah meminta aparat, pada masyarakat untuk kegiatan ziarah jangan dilakukan secara kerumunan," ungkapnya di Jakarta, Rabu (5/5).

Baca juga: Sudah Dilarang, Warga Masih Berziarah Saat Lebaran

Namun demikian, Ariza menegaskan masyarakat tak perlu melakukan ziarah kubur setiap lebaran untuk mendoakan kerabat yang telah meninggal. Ziarah bisa dilakukan pada hari-hari lainnya. Selain itu, lanjutnya, berdoa bagi keluarga yang sudah meninggal bisa dilakukan di rumah bersama anggota keluarga inti agar lebih khidmat dan terhindar dari penularan virus korona.

"Tidak mesti dilakukan ziarah kubur, tidak mesti dilakukan pada Hari Raya. Bisa dilakukan pada hari-hari lain dalam rangka mengurangi kerumunan dan peningkatan orang di sekitar pemakaman," jelas Ariza.

Mantan anggota DPR RI itu juga menambahkan akan menghadirkan aparat untuk mengawasi dan mengatur agar tidak terjadi kerumunan dalam ziarah tersebut.

"Kami juga akan hadirkan aparat untuk mengatur agar tidak terjadi kerumunan dan interaksi di pemakaman. Jadi kami minta masyarakat kegiatan ziarah kubur agar diatur waktunya," ungkapnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Anggaran Penanganan Covid-19 DKI Tahun Jauh Berkurang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:29 WIB
JUMLAH anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam APBD DKI Jakarta tahun ini hanya Rp2,1...
winnetnews.com

Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penembakan Remaja di Jakbar

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:17 WIB
Seorang remaja bernama Idris Saputra, 18, ditembak oleh orang tak dikenal di kawasan Mangga Besar, Taman Sari Jakarta Barat, Selasa (22/6)...
ucdavis.edu

Wagub Tegaskan Non DKI Bisa Terima Vaksin di Wilayahnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:11 WIB
Warga non DKI dimungkinkan untuk dilayani mendapatkan vaksinasi di Jakarta dengan syarat membawa surat keterangan domisili saat datang ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya