Selasa 06 April 2021, 15:53 WIB

Sekolah di Jakarta Bersiap Jelang Pembelajaran Tatap Muka

Prasetyo Prayogo | Megapolitan
Sekolah di Jakarta Bersiap Jelang Pembelajaran Tatap Muka

ANTARA/GALIH PRADIPTA
Guru merapikan ruang kelas di SD Kenari 08 Pagi, Jakarta, Selasa (6/4/2021). Pemprov DKI akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

 

SEKOLAH-SEKOLAH di Jakarta mulai mempersiapkan diri menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang di berlakukan oleh pemprov DKI pada Rabu (7/4) esok. Setidaknya ada 96 sekolah di jakarta yang siap untuk melakukan PTM.

SDN Kenari 08 salah satunya. Terlihat tim pengajar pada sekolah tersebut sedang melakukan pembersihan di ruang kelas. Selain itu juga di ruang kelas diatur ulang posisi meja dan kursi para siswa dan diberi jarak sejauh 1 meter untuk menjaga jarak, tim pengajar pun melakukan penyemprotan disinfektan di setiap ruangan maupun di koridor sekolah agar tetap steril.

"PTM ada 2 shift, menurut aturan hanya boleh 16 siswa perkelas dari 32 siswa perkelas. Sisanya tetap daring," ujar Saifullah, Satgas Covid-19 SDN Kenari 08.

Saifullah menambahkan, akan ada 2 shift setiap harinya dalam kegiatan PTM, yaitu pada pukul 07.00-09.00 WIB, dan pukul 10.00-12.00 WIB.

Baca juga: Besok Uji Coba PTM, Jumlah Siswa Dibatasi 50% per Kelas

Hal serupa juga dilakukan oleh SMKN 44 Jakarta, sekolah tersebut telah melakukan persiapan menjelang PTM Rabu (7/4) esok. Persiapan yang dilakukan di antaranya ialah mengatur jarak kursi dan meja siswa sejauh 1 meter, menyediakan wastafel untuk cuci tangan, dan menyediakan hand sanitizer di depan setiap ruang kelas.

"Kami memberlakukan 3 sesi kelas dengan durasi 3 jam. Yang pertama pukul 05.30 WIB di lantai 1, yang kedua pukul 07.00 WIB di lantai 2, dan ketiga pukul 07.30 WIB di lantai 3. Ini dilakukan untuk menghindari kerumunan antar siswa," ujar Estu Sulistiawati, Wakil Kepala SMKN 44 Jakarta.

 Estu menambahkan akan ada 12 siswa dari 36 siswa per kelas yang diizinkan untuk melakukan PTM, dan sisanya tetap melalui daring.

Siswa yang ingin mengikuti PTM di sekolah diwajibkan untuk mengisi formulir di fitur Jakarta Corona Likelihood Metric (JAK-CLM) yang tersedia di aplikasi JAKI. Jika dinyatakan memenuhi syarat oleh fitur tersebut, maka siswa diperbolehkan untuk mengikuti PTM. (A-2)

Baca Juga

ANTARA/Fakhri Hermansyah

4 Kali Ditangkap Pakai Narkoba, Rio Reifan Mengaku Ingin Sembuh

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 23 April 2021, 06:22 WIB
Rio mengaku seiring berjalannya waktu, dirinya baru sadar apa yang ia lakukan adalah...
Dok. Korlantas  Polri

Pelabuhan Merak Tidak Jual Tiket, Kakorlantas : Jangan Nekat Mudik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 23 April 2021, 01:58 WIB
"Tadi presentasi teknikal for cam di polres serang, cilegon, semuanya kesiapsiagaannya sudah bagus, sudah terkoordinasi baik personel,...
Antara

Satgas Revisi Aturan Mudik, Dishub DKI: SIKM Tetap Berlaku 6-17 Me

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 April 2021, 21:50 WIB
Melalui adendum tersebut, hasil tes yang berlaku adalah yang diambil maksimal 1x24 jam sebelum tanggal...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya