Kamis 11 Maret 2021, 13:35 WIB

Satu Tersangka Beli Uang Asing Palsu untuk Pesugihan

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
Satu Tersangka Beli Uang Asing Palsu untuk Pesugihan

MI/Tosiana
Ilustrasi

 

POLISI memeriksa tersangka sindikat pemalsuan uang asing. Satu tersangka SUL, 57 mengaku membeli uang asing tiruan itu sebagai syarat pesugihan.

"Kalau ditanyakan memang buat hal yang tidak masuk akal, dia bilang buat klenik atau pesugihan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (11/3).

Namun, Yusri menyebut penyidik tidak langsung memercayai keterangan tersangka yang juga pengedar uang dolar palsu itu. Penyidik akan terus mendalami kasus pemalsuan uang asing tersebut.

"Kami tidak percaya begitu saja, makanya kami dalami terus kemana saja uang yang palsu tersebut mengalir," ujar Yusri.

Baca juga : Pos Vaksinasi Covid-19 Lansia Drive Thru Dibuka di Cengkareng

SUL ditangkap di kawasan Bekasi, Jawa Barat pada 13 Februari 2021. Dia membeli uang dolar palsu sebanyak 1.000 lembar pecahan US$ 100.

Subdit II Fismondev Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya membongkar sindikat pembuat dan pengedar dolar palsu. Sebanyak empat tersangka ditangkap.

Tiga tersangka lainnya ialah IS, pengedar uang palsu; HS, pencetak, penjual dan pemodal uang palsu tersebut; dan AD, membantu HS mencetak uang palsu. Sindikat ini sudah beraksi sejak 2018. Mereka membuat uang palsu menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.

Sindikat ini berhasil mengedarkan 540 ribu lembar uang palsu. Polisi terus mendalami pengedaran uang dolar tiruan tersebut. Keempat tersangka telah ditahan. Mereka dijerat Pasal 244, 245 KUHP, dan Pasal 3, 4, 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Dengan ancaman 15 sampai 20 tahun penjara. (OL-2)

 

Baca Juga

dok.mi

BMKG: Sebagian Wilayah DKI Hujan pada Siang dan Malam Hari

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 19 September 2021, 06:23 WIB
BMKG memprakirakan di sejumlah wilayah DKI Jakarta diguyur hujan, disertai petir dan angin kencang pada Minggu siang hingga malam...
MI/ Ramdani

23 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Digunakan di Gerai 17 Mall Kota Bekas

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 18 September 2021, 23:51 WIB
Ia mengungkapkan, Pemkot Bekasi memberikan fasilitas vaksin di berbagai tempat demi mempercepat...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Ganjil-genap di Puncak-Cianjur Diusulkan Diterapkan Permanen

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 18 September 2021, 19:05 WIB
Polres menilai penerapan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur-Bogor, efektif untuk diterapkan secara permanen disertai aturan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya