Jumat 19 Februari 2021, 13:52 WIB

3,5 Juta Pekerja Layanan Publik di DKI akan Divaksin Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
3,5 Juta Pekerja Layanan Publik di DKI akan Divaksin Covid-19

Antara/Fauzan
Ilustrasi petugas medis menyuntikkan vaksin covid-19.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta siap melanjutkan tahapan vaksinasi covid-19 terhadap warga yang bekerja di sektor pelayanan publik.

Berdasarkan data yang diperoleh Dinas Kesehatan DKI, setidaknya ada 3,5 juta pekerja layanan publik yang mendapat vaksin covid-19. Baik dari institusi negara maupun swasta.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti menegaskan bahwa tidak semua pekerja layanan publik yang divaksin berstatus warga Jakarta. Terkait prosedur ketentuan, pihaknya berpegang pada lokasi kerja penerima vaksin. 

Baca juga: Kemenristek Ajak Pengembang Vaksin Nusantara Masuk Konsorsium

Selama orang tersebut bekerja di wilayah Ibu Kota, meskipun berdomisili di luar Jakarta, maka individu tersebut akan mendapatkan vaksin covid-19.

"Pasti di antara ini ada yang berdomilisi di luar Jakarta. Karena itu, kami juga berkoordinasi dengan pemerintah. Mekanismenya nanti berdasarkan lokasi kerjanya. Dia bekerja di pabrik atau bekerja di kantor pemerintah maupun BUMN," jelas Widyastuti, Jumat (19/2).

Adapun data penerima vaksin memiliki mekanisme 'top-down', yakni dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Walau belum ada data dan mekanisme pasti terkait pendaftaran vaksinasi di sektor layanan publik, namun pihaknya tetap mendorong pendataan melalui lintas sektor.

Baca juga: Menkes: Kasus Positif dan Pasien Covid-19 di RS Terus Turun

"Seperti, kita bisa lewat Badan Kepegawaian Daerah untuk ASN di DKI. Bisa juga bekerja sama dengan Disnakertrans untuk tenaga kerja. Nanti jika data sudah turun dari Kemenkes, kita bisa sinergikan," imbuh Widyastuti.

Vaksinasi terhadap pekerja di sektor pelayanan publik juga menyasar bidang transportasi. Untuk mekanisme vaksinasi, nantinya bekerja sama dengan perusahaan. Sehingga, tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak menimbulkan kerumunan.

Dia menambahkan bahwa vaksinasi untuk pekerja pelayanan publik bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, pekerja mendatangi 511 fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi syarat untuk vaksinasi. Kedua, Dinas Kesehatan DKI bisa mengirim petugas untuk memberikan vaksin ke lokasi pekerja.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Satpol PP Kalah Cerdik Awasi Tempat Usaha Pelanggar Prokes

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:27 WIB
Alhasil kejadian seperti di Kafe RM yang menyebabkan kejadian penembakan dinilai ada andil pengawasan yang...
Antara/Arif Firmansyah

Tak Ada Festival, Cap Go Meh Bogor Digelar dengan Doa Lintas Agama

👤Dede Susianti 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:21 WIB
Pihak penyelenggara tidak ingin kehilangan momen, agenda rutin tahunan perayaan pesta rakyat Cap Go Meh (CGM) tetap dilakukan. Hanya saja...
Dok Modernland

Siloam Clinic Buka Faskes di Jakarta Garden City

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 21:45 WIB
UPK di Jakarta Garden City yang dikelola Siloam Clinic akan menyediakan pelayanan promotif, preventif, kuratif dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya