Selasa 16 Februari 2021, 23:50 WIB

Kakek yang Mengaku Ajukan Soekarno Tipu Warga Senilai Rp20 Juta

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Kakek yang Mengaku Ajukan Soekarno Tipu Warga Senilai Rp20 Juta

Dok.MI
Ilustrasi

 

SEORANG kakek berinisial IG (73) ditangkap polisi karena kasus penipuan dengan mengaku sebagai purnawirawan berpangkat Letnan Jenderal Angkatan Udara dan pernah menjadi ajudan Presiden Soekarno.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Burhanuddin mengatakan kakek tersebut juga mengaku sebagai profesor untuk meyakinkan korban yang akan ditipu.

"Ketika dicek oleh polisi soal pangkat dan gelar profesornya itu ternyata palsu," kata Burhanuddin, di Polres Jakarta Pusat, Selasa (16/2).

Burhanuddin mengatakan IG melakukan aksi penipuan sejak Oktober 2020 lalu saat bertemu korbannya yang berinisial J di wilayah Jakarta Pusat. Saat itu, IG menyampaikan kepada J bahwa dirinya memiliki aset senilai 15 miliar dolar Hong Kong di sebuah bank swasta.

Namun, IG mengaku tak bisa mencairkan asetnya itu. Ia pun meminta bantuan korban dan memberikan janji manis berupa imbalan jika bersedia. "Uang itu nanti akan dibagi dua," kata Burhanuddin.

Korban lalu menuruti permintaan IG dan mencoba menanyakan keabsahan dokumen terkait aset tersebut kepada pihak bank. Namun, pihak bank menyatakan bahwa dokumen aset itu palsu.

IG kemudian kembali meyakinkan korban dengan menyatakan memiliki aset di sebuah bank senilai 1 miliar dolar AS. Korban pun kembali mencoba mengurus agar aset itu dicairkan. Namun, untuk mencairkan dana itu, IG mengaku butuh Rp20 juta untuk akomodasi dan korban menuruti permintaan itu.

"Selama menunggu proses itu, tersangka meminta uang Rp 20 juta kepada korbannya untuk akomodasi. Di sini kasus penipuannya terjadi," kata Burhanuddin.

Tak kuberselang, korban sadar telah ditipu dan melaporkan kejadian itu ke Polres Metro Jakarta Pusat. IG pun ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Pusat.

Akibat perbuatannya, IG dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan terancam hukuman kurungan pidana penjara paling lama empat tahun. (OL-4)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

14% Vaksinasi Covid-19 Indonesia Ada di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 16 April 2021, 23:15 WIB
Hingga hari ini Jakarta telah mencatatkan penyuntikan 2.429.144 dosis. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.615.457 dosis merupakan penyuntikan...
dok.mi

Jumlah Kasus Baru Positif Covid di Jakarta Menurun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 16 April 2021, 23:05 WIB
DARI data terkini Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jumlah kasus baru menurun jika dibandingkan dengan kemarin yang sebanyak 1.330 kasus...
Ant/Rivan A Lingga

Agustus 2021 Kampung Susun Akuarium Mulai Dihuni Warga

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 16 April 2021, 22:50 WIB
WARGA Kampung Akuarium, Jakarta Utara, ditargetkan sudah bisa menempati Tower B dan Tower D Kampung Susun Akuarium pada Agustus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya