Jumat 29 Januari 2021, 17:45 WIB

Peduli Kaum Tuli, Polri Libatkan Juru Bahasa Isyarat

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Peduli Kaum Tuli, Polri Libatkan Juru Bahasa Isyarat

Antara/Feny Selly
Ilustrasi relawan saat membimbing warga yang ingin belajar bahasa isyarat.

 

DIVISI Humas Polri melibatkan juru bahasa isyarat untuk memenuhi hak kaum difabel, khususnya tuli, untuk mendapatkan informasi.

Pemandangan berbeda itu pertama kali muncul dalam konferensi pers pengungkapan kasus narkotika jaringan internasional, yang digelar Divisi Humas Polri pada Jumat (29/1).

Seorang perempuan dengan pakaian berwarna hitam tampak berdiri di dekat Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Karo Penmas Brigjen Rusdi Hartono dan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Halomoan Siregar.

Baca juga: Listyo Rumuskan Program 100 Hari Pertama Sebagai Kapolri

Peremuan berkaca mata itu memainkan kedua tangannya dengan bahasa isyarat saat Irjen Argo berbicara. Dia merupakan juru bahasa isyarat yang sengaja dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan informasi.

Menurut Argo, Divisi Humas Polri akan melibatkan juru bicara isyarat dalam setiap konferensi pers. Sehingga, kalangan difabel mendapatkan informasi yang sama dan utuh.

“Kegiatan konfernsi pers di Mabes Polri mulai saat ini dan seterusnya, akan berbeda dengan yang sebelumnya. Kali ini mengikutsertakan juru bicara isyarat untuk kaum difabel,” jelas Argo.

Baca juga: Wagub DKI Sebut tidak Ada Gejala Serius Setelah Vaksinasi

Pelibatan juru bahasa isyarat juga sebagai bentuk komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Terutama untuk memberikan ruang bagi kaum difabel di tengah Korps Bhayangkara.

Artinya, masyarakat berkebutuhan khusus bisa mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai kompetensi yang dimiliki. Kelompok difabel dapat bertugas di bidang administrasi, pelayanan, hingga analisis teknologi informasi.(OL-11)

 

Baca Juga

dok.Ant

DKI Siapkan Kebijakan Ganjil Genap untuk Motor di Kawasan Wisata

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 11:20 WIB
PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta masih mempelajari untuk menerapkan pembatasan kendaraan pribadi dengan nomor plat ganjil genap (gage) di...
MI/Barry F

Penumpang Bus Transjakarta Sudah Boleh Terisi 100%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 08:49 WIB
PT Transjakarta mulai memberlakukan kapasitas angkut pelanggan sebesar 100%, setelah PPKM di DKI Jakarta turun ke level...
Antara

Anda Ingin bayar Pajak Kendaraan, Ini 14 Samsat Keliling di Jadetabek

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 08:40 WIB
ADA 14 Samsat Keliling untuk memfasilitasi masyarakat di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) dalam pembayaran pajak kendaraan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya