Senin 25 Januari 2021, 17:14 WIB

Bima Arya: Perlu Satu Aplikasi Update RS Covid-19 se-Jabodetabek

Hilda Julaika | Megapolitan
Bima Arya: Perlu Satu Aplikasi Update RS Covid-19 se-Jabodetabek

Humas pemkob Bogor
RS Lapangan Bogor

 

WALI Kota Bogor Bima Arya mengusulkan pemerintah pusat pimpin koordinasi terkait informasi ketersediaan ruang perawatan covid-19 di RS rujukan covid-19 di Jabodetabek. Nantinya bisa diwujudkan dalam bentuk aplikasi sehingga masyarakat di Jakarta, Bogor, Depok, dan Tanggerang (Jabodetabek) bisa mengakses informasi tersebut.

Menurut Arya, hal ini bisa membantu keresahan warga yang kebingungan dan kesulitan untuk mengetahui rumah sakit yang kosong. Ketika ada keluarganya yang terpapar virus covid-`19.

“Usulannya pemerintah bisa ambil alih koordinasi soal ini. Harus ada koordinasi intens tentang kelangkaan tempat tidur. Sistem rujukan ada di aplikasi sehingga datanya bisa di-update. Jangan usahanya sendiri-sendiri,” kata Bima dalam diskusi daring di BNPB pada Senin (25/1).

Baca juga :Tingkat Kesembuhan Pasien di Wisma Atlet 86,50%

Pihaknya mengaku sering ditelpon oleh warga yang kebingungan mencari perawatan covid-19 di rumah sakit. Karena sebagian besar sudah penuh. Dengan adanya informasi yang diperbaharui diharapkannya bisa memberikan kemudahan informasi.

“Saya sering dapat telpon juga warga Jakarta, itu penuh (rumah sakit). Sehingga kami pikirkan itu, tantangannya aplikasi atau datanya harus di-update. Jadi kalau kosong ya kosong, kalau terisi ya terisi,” usulnya.

Sementara itu, Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Tugas Ratmono mengatakan koordianasi di tingkat Jakarta sendiri sudah ada. Melalui grup tertentu yang bisa menginformasikan penanganan covid-19 di rumah sakit rujukan.

Namun, memang belum bisa diakses oleh masyarakat. Sehinga masih membutuhkan optimalisasi.

“Kami sampaikan untuk dioptimalkan sehingga bisa terakses oleh masyarakat. Dan kami laporkan ke Satgas Covid-19 juga agar pelayanan kesehatan melalui sistem ini bisa diakses semua pihak,” ungkapnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Abriawan Abhe

Buntut Penembakan di Cengkareng, Kapolri Perketat Penggunaan Senpi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:57 WIB
Melalui surat telegram yang dikeluarkan Kamis (25/2), Kapolri menginstruksikan pemberian senpi hanya untuk anggota yang memenuhi syarat dan...
Antara/Akbar Nugroho

DKI Pasang Separator untuk Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:11 WIB
Pemasangan separator berbahan beton sudah dimulai sejak Rabu (24/2) lalu. Rencananya, pembatas untuk jalur sepeda di Sudirman-Thamrin...
Antara

Pasar Cisalak Depok Rawan Pencurian Motor

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 26 Februari 2021, 08:30 WIB
Mayoritas kasus pencurian motor terjadi pada dini hari. Saat pedagang di Pasar Cisalak sibuk berjualan dan kondisi parkiran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya