Selasa 12 Januari 2021, 18:25 WIB

FDR Ditemukan, KNKT : Butuh 5 Hari Ungkap Kecelakaan Sriwijaya Air

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
FDR Ditemukan, KNKT : Butuh 5 Hari Ungkap Kecelakaan Sriwijaya Air

Yusuf IBRAHIM / AFP
Ilustrasi: Kota hitam

 

KOTAK hitam berupa FDR (Flight Data Recorder) Sriwijaya Air SJ-182 sudah ditemukan pukul 14.00 WIB oleh tim SAR gabungan di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, membutuhkan waktu hingga lima hari untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak pada Sabtu (9/1).

"Kami mohon doa dari masyarakat agar pembacaan, pengunduhan dari FDR yang kami perkirakan akan memakan waktu dua sampai lima hari, semoga lancar dan dapat mengungkap misteri apa yang menjadi penyebab kecelakaan," kata Soerjanto di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1).

Tim SAR gabungan masih mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merupakan bagian lain dari black box. Alat tersebut diketahui menyimpan isi percakapan pilot dan kopilot selama penerbangan.

Baca juga: Akhirnya Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

"Hari ini kita bisa menemukan FDR dan kedua pinker. Namun memang kondisi pinker terlepas dari kedua black box-nya. Alhamudillah kita bisa menemukan flight data recorder," jelas Soerjanto.

Sebelumnya KNKT juga melaporkanPesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Perairan Kepulauan Seribu (9/1), diduga tidak meledak di udara sebelum terjatuh ke laut.

Pada pukul 14.40 WIB pesawat mencapai ketinggian 10.900 kaki, lalu pesawat mulai turun dan data terakhir pesawat pada ketinggian 250 kaki.

Soerjanto menuturkan, rerekamnya data sampai dengan 250 kaki, mengindikasikan bahwa sistem pesawat masih berfungsi dan mampu mengirim data. Dari data ini kami menduga bahwa mesin masih dalam kondisi hidup sebelum pesawat membentur air.

"Luas sebaran ini konsisten dengan dugaan bahwa pesawat tidak mengalami ledakan sebelum membentur air" tutur Soerjanto. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia, Jadi Ke-31

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 17 Januari 2021, 12:17 WIB
Menurut TomTom Traffic Index terbaru, Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia. Kini, Jakarta berada di posisi ke 31 dari total...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Komnas HAM Sebut 6 Pengawal FPI Nikmati Bentrok di Tol Cikampek

👤Cindy Ang 🕔Minggu 17 Januari 2021, 12:11 WIB
"Sebelum ada tembakan, ada suara yang kelihatan menikmati pergulatan itu, ketawa-ketawa dari voice note. Mereka tertawa-tawa bahwa...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

24 Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi dari DNA dan Sidik Jari

👤Kautsar Bobi 🕔Minggu 17 Januari 2021, 11:56 WIB
Hery Wijatmoko menjelaskan yang teridentifikasi melalui sampel DNA ada 12 korban dan sidik jari 12 korban. Sisanya tiga korban...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya