Minggu 20 Desember 2020, 16:25 WIB

Kawan Vaksin IDI Siap Jalani Vaksinasi Pertama Bersama Jokowi

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Kawan Vaksin IDI Siap Jalani Vaksinasi Pertama Bersama Jokowi

Antara
Ilustrasi

 

KOALISI Relawan (Kawan) vaksin yang dibentuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) siap menjadi kelompok pertama divaksinasi Covid-19 di seluruh Indonesia bersama Presiden Jokowi.

"Kawan vaksin ini untuk membantu pemerintah dalam meningkatan cakupan vaksinasi yang sudah ada dari dulu dan sekarang kita dihadapkan oleh Covid-19, salah satu komitmennya bersedia menjadi kelompok pertama menerima vaksin," kata Koordinator Gerakan Kawan Vaksin, Iswanto dalam siaran pers, Minggu (20/12)

Menurutnya, Gerakan Kawan Vaksin hingga ke daerah dibentuk untuk menyukseskan protokol kesehatan dan menyikapi rendahnya literasi masyarakat terhadap vaksin sehingga banyak yang lebih percaya hoaks.

“Nah, vaksin salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat kita keluar dari masalah pandemi Covid-19, agar segera bisa memulihkan segala dimensi kehidupan masyarakat," sebutnya.

Dia menambahkan, guna meyakinkan masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19. Sehingga Kawan Vaksin di tingkat pusat hingga daerah bersedia menjadi pihak pertama yang divaksin bersama Presiden Jokowi. Oleh karena itu, pihaknya ingin memberi bukti kepada masyarakat bahwa vaksinasi aman dan tidak memiliki efek samping.

Baca juga :Cuti Bersama Hingga Pilkada Sumbang Lonjakan Covid-19 Jakarta

"Melalui pelantikan ini kami hendak mengirimkan pesan bahwa Koordinator Kawan Vaksin di hampir seluruh daerah Indonesia siap divaksin untuk pertama kali bersama Presiden Jokowi,” paparnya.

Dua menegaskan pandemi Covid-19 sangat berdampak dalam kehidupan, seperti banyaknya tenaga kesehatan yang meninggal dunia, dampak sosial ekonomi terhadap masyarakat yang terus meluas.

"Kita berpikir apa yang bisa kita lakukan untuk membantu bangsa terlepas pandemi," terangnya.

Diketahui, cakupan vaksinasi di Indonesia belum mencapai target. Bahkan angka cakupan vaksinasi di seluruh Indonesia hanya 57,9% pada 2018. Sedangkan, IDI menyampaikan agar terciptanya kekebalan kelompok masyarakat, vaksinasi harus dilakukan sebesar 80%.

"Akan menjadi tantangan besar karena yang lama saja cakupannya rendah apalagi dengan vaksin Covid-19," pungkasnya.

Kawan vaksin sudah dibentuk pada 28 Oktober 2020, dengan beranggotakan puluhan organisasi, komunitas, dan relawan di seluruh tanah air yang inisiatif untuk membantu vaksinasi di Indonesia agar cepat terbebas dari pandemi. (OL-2)

 

Baca Juga

dok.ant

Curah Hujan Ekstrem, DKI Klaim Genangan Air Cepat Ditanggani

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:25 WIB
CUACA yang ekstrem ditambah peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum (ROB), membuat beberapa wilayah di DKI Jakarta...
dok.ant

BMKG: Ibu Kota DKI akan Hujan Ringan di Pagi dan Siang Hari

👤Muhammad Fauzi 🕔Kamis 20 Januari 2022, 06:10 WIB
BMKG memprakirakan Ibu Kota DKI Jakarta, mengalami hujan ringan pada Kamis pagi hari hingga siang hari di sejumlah wilayah kota...
MI/Andri WIdiyanto

Anies Berbagi Kiat Pengelolaan Air di Jakarta dalam Konferensi Internasional UNESCO 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 23:11 WIB
Konferensi itu dilaksanakan sebagai ajang bertemu dan diskusi para ahli air dunia dengan para pengambil kebijakan di kota-kota besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya